Is this another ‘Coal Miner’s day?*

153

Selamat pagi…

Barusan saya ngintip ke beberapa chart.  Saya kok tertarik dengan beberapa chart dari emiten-emiten penghasil batubara yang biasanya menjadi leaders, tapi beberapa hari terakhir menjadi laggards.  Ok lah, untuk BUMI sepertinya potensi kenaikan masih bakal tertahan dengan resisten di 3200 – 3250 (itupun kalau resisten di 3050 mampu ditembus).  Akan tetapi, pada saham-saham coal miners yang lain, faktanya seperti ini:

  • PTBA sudah tiga hari ini tembus dari bullish falling wedge.  Sampai kemarin, tekanan jual masih terlihat, tapi target harga dari pattern ini ada di 14000.
  • UNTR sudah mendekati rekor harga di 14700.  Jika saham ini mampu menembus kisaran resisten 14500 – 15000, harga saham diperkirakan bisa naik hingga kisaran 16000 – 16500.  Tapi perhatikan fakta ini: Penembusan atas resisten di 14250 – 14700, akan membuka potensi kenaikan hingga kisaran 20.000 – 22500.
  • ITMG masih tertahan oleh resisten di 24100. Jika resisten ini ditembus, maka akan terdapat potensi kenaikan hingga kisaran 26000 – 26500.

So.. IHSG masih menunggu penembusan resisten.  Tapi, jika resisten ini berhasil ditembus, perlu juga diperhatikan pergerakan dari saham-saham penghasil batubara mengingat saham-saham ini tengah memiliki potensi kenaikan yang tidak sedikit.

Happy trading… Semoga untung!!!

Perencana Trading

*mohon baca dulu halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

3 Comments

  1. Coanawati says

    Mas,
    Mbahas banking dong. Kok yg gerak cuma BMRI doank. Bank yg laen malah turun. Something wrong krn secara industry kan sama and scr strength mirip2 and nothing special issues arisen.

    1. Perencana Trading says

      Gimana ya bu? Dalam analisis teknikal, harga sebuah saham itu bisa bergerak lumayan jauh kalau dalam periode akumlasinya membentuk sebuah price pattern. Dalam kasus saham perbankan, price pattern hanya terlihat pada BMRI dan BBCA.. Keduanya memiliki price pattern berbentuk triangle. Untuk saham-saham yang lain, price pattern-nya tidak terlihat jelas. Ketidakadaan price pattern ini yang membuat potensi kenaikannya juga menjadi tidak jelas. Semoga bisa membantu. Terima kasih.

  2. Perencana Trading says

    Hihihi… yang gerak cuman PTBA-nya doang..

Leave A Reply

Your email address will not be published.