15.45*

29

Selamat sore…

Hingga sore ini (15.30), IHSG masih berkutat di kisaran resisten 2400 – 2408, atau dalam posisi terbaiknya, IHSG akan ditutup pada resisten 2411 atau tipis diatasnya.  Hangseng masih melanjutkan signal bearish yang muncuk kemarin dengan koreksi, dan Shanghai masih ditutup diatas level psikologis 3000.

Komentar kami adalah sebagai berikut:

  • Ditutup diatas level psikologis 2400 akan mengurangi sentimen bearish yang ada pada IHSG.  Akan tetapi, jika saya mau jujur, hanya penutupan diatas 2425 (atau setidaknya diatas 2408 – 2411) yang akan membuka peluang IHSG besok bisa positif.
  • Sentimen positif ini juga tergantung dari posisi penutupan BUMI sebagai penggerak utama market.  Hanya penutupan diatas resisten di 3250 yang akan memberikan signal positif.
  • Untuk saham-saham yang lain, ITMG memberikan signal positif jika mampu ditutup diatas resisten 24100, BMRI jika mampu ditutup diatas 4500, dan INCO jika mampu ditutup diatas gap 4200 – 4225.  Sisanya terlihat masih berkutat dengan resisten kuatnya, atau masih mixed.

Lebaran (libur panjang) sudah dekat.  Mengambil posisi sebelum lebaran, artinya anda harus rela untuk mengalami ‘gangguan’ dari pergerakan pasar selama libur lebaran.  Dalam kondisi seperti ini, positioning memang sebaiknya hanya dilakukan jika sudah benar-benar ada signal kuat.  Atau, posisinya juga tidak terlalu besar, sehingga kemanapun pergerakan market, kita bisa ikhlas.  Jika tidak, mendingan nunggu deh.. Kita nikmati saja liburan ini dengan santai.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*baca dulu halaman disclaimer kami, sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.