Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Obama Factor

86

Selamat pagi..

Futures dari Dow Jones Industrial (Dow Fut) kemarin sore berada dalam teritori negatif.  Tapi, Indeks Dow Jones Industrial (DJI) pagi ini ternyata ditutup positif, setelah para pelaku pasar mendengarkan orasi dari Presiden Amerika, Barract Obama.  090915 Obama Approval‘Obama Factor’ ini belakangan memang menjadi ‘momok’ bagi mereka yang memiliki pandangan bearish.  Bukan hanya pemunculan Obama sebenarnya, tapi, setiap ada signal bearish, Obama, Bernanke, atau Warren Buffet, selalu muncul didepan publik, dan DJI sudah dipastikan akan positif.  Melawan sentimen negatif dengan ‘Public Relation’ seperti ini sebenarnya bukan barang baru.    Akan tetapi, bagi orang yang cenderung untuk memiliki bearish view (seperti saya.. hehehe), kondisi ini jadi menjengkelkan.    Saya sih melihat, bahwa Obama dkk masih bisa melakukan hal ini selama Approval Index dari Obama masih bagus.  Data yang kami dapat dari Rasmussen Report tentang Approval Index dari Obama memang cenderung membaik beberapa hari ini, sehingga adalah wajar jika pidatonya semalam mampu membuat DJI batal terkoreksi.

Jadi, kapan market Amerika akan benar-benar terkoreksi? Mungkin kita harus menunggu sampai Approval Index dari Obama memburuk, sedemikian buruk sehingga pasar akan beraksi negatif pada setiap kemunculan publik yang dilakukannya.  Tapi, apakah itu mungkin? Saya juga tidak punya jawabannya.  Yang saya tahu, crash yang terjadi di bursa Amerika di tahun 2008 lalu, itu lebih disebabkan oleh orang-orang yang berasumsi bahwa pergerakan harga hanya berlangsung searah (naik).

Happy Trading, Semoga Untung!!!

Perencana Trading

1 Comment
  1. […] anda pengunjung lama dari weblog ini, pasti anda sudah pernah membaca ulasan saya mengenai Obama Factor.  Konteksnya: ketika market terlihat menuju sebuah koreksi besar, pasti akan muncul satu dari tiga […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.