Berani Beli-Simpan selama liburan Lebaran?*

15

Selamat pagi…

Pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang memenuhi benak para trader pada dua hari perdagangan terakhir, dimana jawabannya sepertinya akan tersedia pada hari ini.  Fakta yang terdapat dalam radar saya adalah sebagai berikut:

  1. Tahun kemarin, IHSG crash setelah liburan Lebaran.  Ditutup di level 1832 pada hari perdagangan terakhir sebelum libur Lebaran, IHSG kemudian terkoreksi hingga titik terendahnya di 1089 dalam waktu sebulan (gara-gara ‘you know who’).  Koreksinya hampir 50% bo…
  2. IHSG sudah naik terlalu panjang dan terlalu lama.  Potensi kenaikan memang masih ada (setidaknya hingga target dari triangle di 2480 – 2520 jika IHSG mampu menembus 2425 hari ini), akan tetapi, resikonya terlihat semakin besar.
  3. Pada bursa regional, potensi kenaikan memang masih ada tapi mulai terbatas (DJI ke 9750 – 9850, dan Shanghai ke 3150 – 3200), indeks hangseng bahkan masih berada dalam trend turun yang baru.
  4. Satu-satunya berita positif, datang dari harga emas.  Harga emas sudah mampu menembus resisten di US$1006.  Konsolidasi harga emas selama Februari – Agustus terlihat berbentuk triangle.  Penembusan atas resisten 970 pada awal Semptember lalu, memiliki potensi kenaikan hingga kisaran 1100 – 1150.  Masih ada resisten dari rekor harga di US$1032 sih, tapi, jika harga mengejar target triangle dan berhasil menembus rekor harga di US$1032, maka akan terbuka juga potensi penguatan hingga US$1200 – US$1250.  Akan tetapi, positive chain-reaction ini harus kita sikapi dengan hati-hati.  Apakah orang berburu komoditas karena kondisi perekonomian yang membaik? atau apakah potensi kenaikan ini terjadi karena orang tengah mencari ‘safe heaven‘ ditengah pelemahan US$?  Harga minyak sendiri yang kami tunggu sebagai konfirmasi dari potensi kenaikan harag emas (karena harga minyak dan harga emas memiliki korelasi positif), terlihat masih konsolidasi.  Harga minyak Nymex masih konsolidasi di kisaran US$68 – US$73 dengan formasi triangle.  Kembalinya harga minyak diatas level psikologis US$70 per barrel telah membuka potensi untuk pengujian resisten di US$72-US$73 (resisten dari triangle).  Kedepan, penembusan atas resisten di US$73, akan membuka potensi kenaikan menuju US$82.

Dari fakta-fakta itu dapat dilihat bahwa semuanya memang masih mixed.  Dalam artian: meski posisi-posisi spekulatif pada saham-saham komoditas terlihat masih menarik untuk jangka menengah, posisi simpan seminggu (selama liburan Lebaran) terlihat cukup beresiko.  Jadi, jika anda ingin melakukan posisi Beli – Simpan selama liburan panjang ini, jawablah dulu pertanyaan berikut: Apakah anda mau jika silaturahim selama Lebaran ini akan terganggu oleh masalah ‘uang’? atau Apakah anda mau jika ditengah keriangan anda berada bersama keluarga, anda masih harus memikirkan masalah portfolio anda?

Jadi, milikilah posisi secukupnya saja.  Posisi yang jika nanti anda terpaksa cut loss, kerugiannya masih bisa anda serap dengan mudah.  Jangan terlalu mengambil resiko.  Kalaupun anda memaksakan diri untuk memiliki posisi, beli saham-saham yang terkait dengan pergerakan harga emas atau komoditas pada umumnya.  Dan posisi atas saham-saham yang tengah berada di ersisten, sebaiknya juga dikurangi.  Simpan hanya saham yang masih dekat dengan posisi suportnya.

Trading itu adalah permainan otak.  Permainan mental.  Terkadang, kita memang perlu mengistirahatkan dulu mental dan otak kita selama beberapa waktu.  Kesempatan? Nanti kan bisa datang lagi.  There always be a next train. Kesempatan berikutnya akan selalu datang menemui anda.  Nikmatilah liburan panjang ini bersama keluarga anda, atau untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat otak anda bisa menjadi lebih ‘fresh’.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading.

*bacalah dulu halaman disclaimer, sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

1 Comment

  1. Could we still bullish?* « Rencana Trading

    […] dari harga emas.  Ok lah.. pada bulan September lalu, saya juga sudah memprediksikan bahwa harga emas akan bergerak naik menuju kisaran 1200 – 1250.  Dan harga emas memang mencapai puncaknya pada kisaran tersebut dan kemudian terkoreksi.  Akan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.