Di Pojok-Kanan-Atas*

69

Selamat siang…

Siapa bilang ada krisis ekonomi? Krisis ekonomi mana? Orang yang namanya harga saham terus bergerak naik… sudah berlangsung lumayan lama lagi… hehehe

Tanpa terasa.. sudah hampir setahun trend naik pada IHSG sudah berlangsung.  Sejak titik terendah (bottom) IHSG di level 1089.34 pada 28 Oktober 2008, IHSG memang sudah sempat mengenyam titik tertinggi di level  2482.85 pada hari Kamis, 24 September 2009 lalu.  Ini berarti dalam 218 hari bursa, atau 331 hari, IHSG sudah naik sebesar 127.92%!!! Sungguh sebuah angka yang fantastis!

Kemana arah IHSG kedepan?

(bagi anda yang berminat/mengetahui/tengah belajar Elliot wave, bisa melihat gambar-gambar dibawah ini, (www.rencanatrading.com) tapi bagi anda yang awam, silakan langsung melihat keterangannya dibawah dari gambar terakhir)

Dari hitungan wave (berdasarkan Elliot Wave Counting), posisi terakhir dari IHSG untuk intermediate wave (wave jangka menengah) adalah sebagai berikut :090927 Intermediate IHSG

Sedangkan untuk minor wave (wave jangka pendek), posisi IHSG adalah sebagai berikut:090927 Minor IHSG

Sedangkan untuk minute (wave jangka yang lebih pendek dari pada minor wave), posisi IHSG adalah sebagai berikut:090927 Minute IHSG

Tapi itu belum semuanya.  Ketiga gambar diatas dibuat dengan memasukkan posisi pergerakan IHSG pada hari Jumat, 27 September 2009 lalu.  Pada sebuah grafik yang lebih detail dibawah:

090927 Detailed Minuette

Dari keempat gambar tersebut kesimpulan yang bisa kita dapat adalah sebagai berikut:

  • IHSG jangka menengah masih berada dalam trend naik.  Arahnya diperkirakan akan berada pada kisaran 2500 – 2550 (lihat gambar pertama).  Trend jangka menengah ini memiliki suport di kisaran 2370 – 2380.  (www.rencanatrading.com)Jika suport ini ditembus, maka trend naik jangka menengah ini akan berakhir.
  • IHSG jangka pendek juga tengah berada dalam trend naik.  Arahnya diperkirakan akan berada pada kisaran 2500 – 2550 (lihat gambar kedua).
  • IHSG jangka pendek ini masih memiliki kesempatan untuk mengalami extended (perpanjangan dari arah pergerakan harganya).  Dari wave [i] yang telah terbentuk, arah IHSG jika extended adalah menuju kisaran 2650 – 2700.

Jadi, dari ketiga fakta diatas kesimpulan pertama yang bisa kita peroleh adalah sebagai berikut:

IHSG masih berada dalam trend naik dengan target di kisaran 2500 – 2550 dengan kemungkinan untuk mengalami ‘perpanjangan’ hingga kisaran 2650 – 2700.  Meskipun demikian, kita memang harus mulai berhati-hati mengingat IHSG sudah berada dalam bagian terakhir dari sebuah trend naik.  Jika trend naik ini dianggap sebagai sebuah garis diagonal yang membagi dua sebuah persegi panjang, maka posisi IHSG saat ini sudah berada di pojok-kanan-atas.

Masalahnya dapat dilihat pada gambar paling bawah (gambar ke 4).  Salah satu aturan dalam Ellot wave disebutkan sebagai berikut:  Dalam menghitung sebuah impulse, pergerakan dari wave ke 3 tidak boleh masuk dalam teritori wave pertama.  Jika ini terjadi, berarti impulse tersebut sudah berakhir, dan kita harus sudah mulai menghitung sebuah trend turun yang baru.  Dari gambar keempat, kita dapati minuette (wave dengan jangka waktu yang lebih pendek dari minute) pertama dengan ujung di 2425.  (www.rencanatrading.com) Jika suport ini ditembus, maka terdapat peluang bahwa minute ke 5, dari minor ke 5, dari intermediate ini sudah berakhir. Intermediate ini baru benar-benar berakhir jika IHSG ditutup dibawah titik awal dari minor pertama, di level 2272.    Dalam bahasa awam, kesimpulan kedua kita adalah :

JIKA SUPORT DI 2425 ditembus, maka terdapat peluang IHSG trend naik jangka menengah IHSG (yang berawal dari Oktober 2008) sudah berakhir.  Meskipun demikian, trend naik jangka menengah ini baru benar-benar berakhir jika IHSG ditutup dibawah kisaran suport 2270 – 2280.

So.. Saya orang yang konservatif.  Saya tidak mau bilang bahwa trend ini berakhir, sebelum trend ini berakhir.  Ini artinya, hingga saat ini, IHSG masih berada dalam trend naik dengan target di kisran 2500 – 2550.  Akan tetapi, jika IHSG di awal minggu depan ditutup dibawah level 2425, jangan heran jika saya berubah menjadi sangat bearish.  Kemana arah targetnya jika IHSG berubah menjadi trend turun? kita lihat besok aja deh.  Tapi yang penting:

  • Jika IHSG ditutup dibawah support 2425, saya akan melakukan exit atas posisi trading (posisi sekarang sih juga sudah bersih, karena saya sudah pegang cash semenjak hari Kamis kemarin ketika IHSG mencapai target dari triangle jangka pendek dan tidak bisa bertahan diatas resisten).  Saya mungkin baru melakukan lagi posisi trading jika IHSG mampu menembus kisaran resisten 2454 – 2482, atau jika IHSG sudah berada dikisaran 1888 – 2116 (target jangka menengah).
  • Posisi spekulatif mungkin mulai bisa dilakukan ketika IHSG berada di kisaran 2370 – 2411 dengan size yang tidak terlalu besar, akan tetapi terus terang, saya tidak terlalu yakin bahwa penurunan IHSG hanya akan berhenti di kisaran tesebut.

Mungkin sementara itu dulu dari kami.   Ikutilah ulasan kami selanjutnya.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading.

*bacalah dulu halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.