Looks Bad… But fight is not over yet!*

56

Selamat siang…

Posisi terakhir IHSG sebenarnya tidak terlalu bagus.. sudah dibawah suport 2425.  Beberapa saham juga sudah dibawah suportnya: UNTR, ANTM… posisi ASII bahkan sudah berada tepat pada suport dari trend channelnya.  Jika suport di kisaran 30000 – 30300 ini ditembus, ASII memiliki potensi pelemahan lanjutan hingga kisaran 26000-27500.

Saya hanya ingin mengingatkan:  saat ini kan baru penutupan sesi pertama.  Siapa tahu sesi kedua nanti IHSG bisa rebound lagi?

Semua kemungkinan masih bisa terjadi.  Tapi, dalam kondisi seperti ini, kita memang sudah harus ‘sedia payung sebelum hujan’.  Mempersiapkan strategi apa yang sebaiknya kita harus terapkan.  Bagi orang yang sedang memegang cash… posisinya memang lebih ringan: tinggal menetapkan kemana target harga bawah (target harga jika harga turun) dari pergerakan harga dan bagaimana strategi belanja yang harus ditetapkan.  Tapi, bagi anda yang masih dalam posisi nyangkut, pilihan strateginya tinggal dua: mau cut loss atau average down?  Posisi mendiamkan tanpa melakukan apa-apa dengan harapan harga kembali ke harga semula? Hm… kalau trend turunnya cuman sebentar nggak papa.  Tapi pertanyaan saya, apakah pemodal yang memiliki BUMI di harga 7500 saat ini sudah bisa exit dalam keadaan untung? Kapan ya mereka bisa keluar?

Semua memang sudah terlihat buruk… pertarungan memang masih berlanjut hingga nanti sore.  Tapi kita sebaiknya sudah mulai menentukan strategi yang harus dilakukan, sebelum semuanya menjadi terlambat.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah dulu halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.