Akankah regional menolong?*

25

Selamat pagi…

Ketika sebuah resisten tiga kali ditembus dan masih gagal juga, adalah sebuah signal bearish.  Meskipun demikian, karena belum ada suport yang ditembus (suport dari trend naik jangka menengah IHSG saat ini ada di kisaran 2450 – 2455), maka kita tinggal melihat apakah sentimen positif dari bursa regional mampu membawa IHSG menembus resisten di 2482.  Jika ini terjadi, maka bisa jadi IHSG akan menguji batas atas dari kisaran resisten 2480 – 2520.

Pagi ini kami melihat beberapa chart dari bursa regional Asia.

  • Dengan posisi di bulan Agustus – September berada di kisaran 10150 – 10550, penembusan atas suport di 10150 telah membuka potensi pelemahan ke 9750.  Level ini sudah tercapai pada pergerakan kemarin.   Untuk pergerakan hari ini, resisten ada di 9750, yang jika ditembus, berarti N225 akan retest level psikologis 10000.  Disisi lain, kami juga melihat adanya trend channel dengan suport di kisaran 9500 – 9750.  Jika suport ini ditembus, Nikkei bisa melanjutkan koreksinya ke 8500 – 8750.
  • Pattern dari Hangseng adalah pattern yang terburuk diantara beberapa indeks yang kami amati pagi ini.  Posisi terakhir dari indeks Hangseng berada dibawah suport dari bearish raising wedge dengan target di 17500 – 18000.  Hanya penembusan diatas kisaran resisten 20750 – 21100 yang bisa membatalkan target bearish ini.
  • STI terlihat masih flat di kisaran 2500/2525 – 2700/2725.  Arah terakhir terlihat kebawah dengan resisten di 2625.  Belum terlihat potensi penurunan jangka panjang.
  • Shanghai masih libur.  Posisi terakhirnya masih berada dalam trend turun.

Potensi penurunan pada Hangseng memang membuat saya khawatir.  Itulah sebabnya, saya memilih untuk menunggu signal bullish dari indeks ini, jika saya ingin kembali melakukan posisi trading**.  Disisi lain, hingga pergerakan kemarin, pemain lokal memang terlihat lebih dominan sehingga bukannya tidak mungkin IHSG bergerak ‘sendirian’ terlepas dari arah pergerakan bursa regional.  Market seperti ini memang bisa membuat saya ‘panas-dingin’ karena mid-cap dan small-cap bukanlah spesialisasi saya. Disiplin untuk berada di saham-saham pilihan adalah langkah yang saya ambil. (meskipun terkadang saya sedikit ‘gatal’ untuk mengambil posisi kecil).

Satu hal yang perlu saya ingatkan: jika anda mengambil posisi spekulatif, milikilah selalu trading plan yang jelas.  Perhatikan posisi stoploss anda.  Karena pergerakan saham-saham mid-cap dan small-cap sering kali ‘aman dan terkendali‘, hati-hati juga dalam melakukan stoploss di titik stoploss karena harga sering bergerak dengan liar (saya terkadang malah menggunakan posisi stoploss untuk posisi beli.. hehehe).  Sekali-lagi: hati-hati! Karena jika anda terlambat exit ketika volume sudah mulai turun, anda bisa meratapinya untuk waktu yang lama.  Ingatlah selalu trading rules: beli ketika mau naik, jual ketika mau turun.  Jika anda melihat potensi penurunan yang signifikan, kenapa tidak dijual?

Happy trading, semoga untung!

Perencana Trading

*bacalah dulu halaman disclaimer jika anda mau membaca ulasan ini.  Terima kasih.

**Kenaikan di bursa regional membuat Hangseng berpotensi untuk menguji resisten di gap 20470 – 20792.  Penutupan diatas 20792 sebenarnya sudah cukup untuk memberikan signal bullish.  Signal bullish ini terkonfirmasi jika Hangseng mampu ditutup diatas 21090.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.