15.45*

23

Selamat sore…

Hingga sore ini (15.19) .. kondisinya memang tidak terlalu bagus.

  • IHSG berada cukup jauh dari suport 2482.  Penutupan diatas 2482 masih dimungkinkan.  Akan tetapi, posisi dari beberapa saham blue chip tidak terlalu bagus.
  • ASII masih berada diatas retracement 61.8 di 33200.  Kondisinya memang diatas suport.  Tapi tekanan jualnya terlihat masih cukup besar.
  • Jangan terlalu gembira dulu dengan posisi terakhir dari BUMI.  Harga saham BUMI baru memberikan signal positif (Senin mungkin naik) jika ditutup diatas level 2975. Trend turunnya bahkan baru berakhir jika harga bisa menembus resisten 3125.  Rebound yang terjadi hari ini hanya menunjukkan bahwa kisaran 2650 – 2775 adalah suport kuat.
  • Dengan posisi retracement 50% di 4800 belum tersentuh, potensi penurunan di BMRI sepertinya masih terbuka.  Penutupan di 4900 atau lebih akan memberikan signal neutral (tidak negatif), akan tetapi, signal bearish akibat gagal bertahan di atas suport 4950 membuat kita masih harus melihat lagi perkembangannya di hari Senin.

So.. semuanya memang terlihat masih Gloomy.  Dalam kondisi seperti ini, pertanyaan saya sebenarnya masih standar: sudahkah anda menetapkan posisi stoploss? Adakah posisi stoploss anda yang kena? Sudahkah anda melakukan stoploss seperti perencanaan anda? Posisi saya saat ini, hanya posisi kecil ANTM di dengan modal 2650 yang kemarin saya beli.  Harga emas masih diatas resisten US$1032, ANTM juga masih sangat berpeluang untuk ditutup diatas 2600.  Artinya, saya belum perlu melakukan posisi stoploss untuk sore ini.  Tapi, jika IHSG nanti sore ditutup dibawah 2482, berarti saya cuman bisa berharap bahwa pergerakan Dow Jones Industrial nanti malam, mampu memberikan sentimen positif.  Karena jika tidak, skenario ‘turun ke 2400, naik lagi ke 2500, lantas medium term bearish’ yang saya bilang tadi pagi, sangat memungkinkan untuk terjadi.  Ini yang membuat saya agak ragu-ragu untuk melakukan posisi pembelian spekulatif pada sore hari ini.

Satu lagi… Sore ini, hit counter dari www.rencanatrading.com, telah melewati angka 10.000!!! Pencapaian ini tepat sebulan setelah saya me’release’ weblog ini.  Terus terang, ini diluar perkiraan saya.  Tidak ada yang bisa saya sampaikan kecuali TERIMA KASIH.  Terima kasih karena anda semua telah menjadi pembaca setia dari weblog ini.  Semoga anda bisa mendapatkan manfaat yang anda cari.

Terima kasih.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

3 Comments

  1. Rio santoso says

    Thanks selama ini saran yg telah diberikan pak,bs buat belajar dan masukan buat sy gbu

    1. Perencana Trading says

      Terima kasih pak.

      Perencana Trading

  2. Emil says

    Malam Pak PeTe (Perencana Trading),

    Sebagai newbie, saya sangat berterima kasih sekali untuk review-review dan pembelajaran mengenai pasar modal yang diberikan setiap hari di blog ini Pak. Bisa minta nama grup di Facebook nya Pak ?
    Btw, menurut Pak PeTe apa yang menarik dari Bumi sehingga selalu menjadi TOP ‘STOCK ‘ ? karena fundamentally, BUMI tidak bagus , Debt Ratio cukup tinggi dan sama sekali jarang terdengar (at least slama 3 bulanan saya join di ‘dunia’ ini) berita-berita positif yang spectacular seperti mendapatkan project-project yang ‘hebat’ ataupun mengalami kenaikan LABA yg tinggi …Yang ada justru, Bumi berhutang dan berhutang dan berhutang terus….bagaikan Gali Lobang Tutup Lobang…:) hehehheh…What do u think Pak PeTe ?
    Have a nice weekend Pak !

    Cheers,

Leave A Reply

Your email address will not be published.