Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

15.45*

87

Selamat sore…

Harga minyak ‘nyangkut’ di kisaran resisten US$75 – US$76.  ‘Nyangku’tnya harga minyak ini kemudian membuat para trader yang ragu-ragu atas kemampuan IHSG menembus resisten (dan juga kemampuan dari Dow untuk bisa bertahan diatas level psikologis 10.000) melakukan aksi profit taking.  Aksi ini terutama terlihat pada saham-saham sektor perkebunan yang hingga sore ini masih tertahan dibawah resisten levelnya.  Fakta-fakta yang masuk dalam radar kami sore hari ini adalah:

  • Harga saham-saham penghasil batubara masih bisa bertahan diatas suportnya yang baru.  BUMI dengan suport di 2950, PTBA di 14550, dan ITMG di 24300.  Kondisi ini tidak menutup peluang kenaikan pada pergerakan besok.  Entry posisi terlihat menarik.  Tapi.. posisi harga yang cukup tinggi seperti ini, sepertinya memerlukan stoploss yagn ketat.
  • Pergerakan harga saham-saham banking cenderung flat.  ASII juga belum mampu menembus resisten di 34300.  TLKM malah mengkonfirmasi signal bearish yang muncul kemarin.

IHSG bergerak flat.  Satu hal yang menguntungkan dari pergerakan IHSG yang flat suport untuk mengidentifikasi reversal relatif dekat.  Posisi pembelian spekulatif sangat menarik untuk dilakukan.  Asal anda bisa melakukan stoploss yang ketat.  Jika IHSG besok ditutup dibawah titik terendah hari ini, bisa jadi itu adalah signal yang bagus untuk reversal jangka pendek (dan itu juga berarti bahwa kenaikan yang terjadi dua hari terakhir sebenarnya adalah resisten testing setelah penembusan trend naik).  Melanjutkan trend naik? hm.. sepertinya semua orang masih menunggu apakah DJI mampu bertahan diatas 10.000 dan/atau harga minyak bisa menembus resisten di US$75 – US$76.  Semua masih di perempatan.  Kita memang hanya bisa menunggu hasilnya.

Happy trading, semoga untung!

Perencana Trading

*bacalah dulu halaman disclaimer sebelum anda membaca tulisan ini.  Terima kasih.

1 Comment
  1. Emil says

    hahahah….Habis tembus 10.000, sekarang pertanyaan selanjutnya apakah DOW mampu bertahan. Andaikan mampu bertahan, mungkin pertanyaan selanjutnya adalah sampai KAPAN DOW mampu bertahan di atas 10.000 …hehehe
    Have a nice day !

Leave A Reply

Your email address will not be published.