Keraguan pasar Pra-‘Pengumuman Kabinet’

55

Selamat pagi…

Jika anda lihat tulisan saya kemarin, anda dapat melihat bahwa saya memang ragu-ragu.  Keraguan ini memang terlihat juga pada pasar karena dua candle terakhir (candle nomor 12 dan 13 pada gambar dibawah) terlihat memiliki ‘rambut’ yang agak panjang.  Keraguan ini juga memunculkan pertanyaan: apakah pasar akan bereaksi positif terhadap pengumuman kabinet? ataukah pasar akan melakukan aksi ‘sell-on-news’ terkait dengan pengumuman kabinet?091018 All IHSG

Anyway.. trend masih belum berubah menjadi turun.  Suport penting tetap ada di level 2482.  Jika kita ingin yakin akan kelanjutan dari trend naik, ada baiknya kita menunggu penembusan atas resisten di 2555 – 2560.  Akan tetapi, konfirmasi bearish baru muncul jika IHSG kembali ditutup dibawah level suport 2482.

Kondisi terakhir diluar sentimen ‘Kabinet’ adalah sebagai berikut:

  • Harga minyak masih diatas resisten .
  • DJI hari Jumat malam gagal bertahan diatas level psikologis 10.000.  Belum ada signal bearish.  Tapi kegagalan ini sebaiknya membuat kita berhati-hati.
  • Dari saham Big Caps, baru ASII yang menunjukkan potensi penurunan hingga kisaran 30500 – 31500 (target dari triangle atau head and shoulder).  Best case: ASII akan resisten testing 33000 – 33500.  Akan tetapi, selama masih dibawah 33500, kita sebaiknya berhati-hati terhadap potensi penurunan tersebut.
  • Banks masih diatas suport.  Posisi spekulatif menarik untuk dilakukan.  Tapi.. jangan lupa untuk menetapkan juga stoploss yang ketat.

Sementara itu dulu dari saya…

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.