15.45*

23

Selamat sore…

Market bereaksi negatif terhadap pelantikan Presiden? hehehe.. jangan gitu ah… Pelaku pasar sepertinya memang sedikit nervous menghadapi pembentukan kabinet.  Nervous karena tidak ada nama ‘Bakrie’ di kabinet.  Selain itu juga… f igur yang disukai market (Boediono) sudah menjadi Wapres.  Market sepertinya memang menjadi ‘pegangan’ baru.

Kondisi regional juga tidak banyak membantu.   Meski ditutup positif, hangseng masih dibawah resisten 22.500.  Pasar Eropa yang dibuka negatif ditengah DJI yang berada di resisten membuat pelaku pasar juga semakin hati-hati.

Disisi lain, posisi IHSG sebenarnya nggak ancur-ancur amat.  Hingga 15.30 ini, IHSG setidaknya masih diatas suport pertama di 2500 – 2505.  Dari posisinya terakhir, IHSG sepertinya masih akan ditutup minus tipis (atau bahkan bisa positif).  Penurunan BUMI tidak terlalu mengkhawatirkan karena posisi terakhirnya sudah berada di sekitar retracement 50%-nya (suport kuat, potensi rebound terjaga).  BNBR masih diatas suport 124.  Yang kami khawatirkan malah saham-saham perbankan.  BMRI terutama, karena jika ditutup dibawah 4750, BMRI masih memiliki potensi koreksi hingga 4400 – 4550.

So… hingga sore ini, kondisinya memang belum terlalu berbahaya.  Risk averse mungkin akan menunggu hingga besok untuk memiliki posisi baru.. Akan tetapi, belum nampaknya potensi penurunan yang cukup besar, sepertinya belum perlu membuat kita memaksakan diri untuk exit pasar sepenuhnya.

Happy trading, semoga untung!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.