Satu gambar… banyak cerita…*

89

Selamat malam…

Sesuai dengan janji saya kemarin malam, malam ini saya akan ulas, berbagai macam probabilitas arah dari IHSG kedepan.  Gambarnya sih cuman satu.  Tapi karena konsolidasi tersebut ternyata menghasilkan lebih dari satu gambar, maka alternatif arah IHSG kedepan … untuk jangka pendek… juga terlihat setidaknya ada tiga: Dua alternatif skenario turun, dan satu alternatif skenario naik.  Skenari0-skenario tersebut adalah sebagai berikut:

  • Head and shoulder.  Arah: Turun.  Target: 2366 – 2387.

091025 H&S

  • Triangle.  Arah: turun. Target: 2350 – 2360.

091025 Triangle

  • Trend channel.  Arah: Flat – Naik.  Target: 2500 – 2520 (flat), 2550 – 2580 (naik atau jika menembus resisten dari trend channel)

091025 Channel

Sekarang.. skenario mana yang akan berjalan? hehehe.. kalau pilihan saya sih, karena saya sinkron dengan wave count yang saya buat, untuk saat ini, pilihan saya ada pada skenario pertama (skenario head and shoulder).   Skenario triangle, sepertinya bukan pilihan karena menurut saya, triangle ini agak cacat: garis suport dari triangle ditarik bukan dari titik ekstrim terendah, tapi dari sebuah long tail spinning candle.  Skenario ke bullish? Posisi IHSG hari Jumat sih memberikan signal positif.  Akan tetapi, selama IHSG masih dibawah resisten 2482 yang merupakan puncak dari wave pertama (wave [i]), saya kok lebih senang pegang skenario bearish.

Jangan lupa: When Street is Bloody… Cash is KING!!!

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah dulu halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

2 Comments

  1. Fergus says

    Thanks lagi pak Perencana Trading,

    Graphic representation ini menjelaskan yg sy tanya kemarin ttg head and shoulders / triangle di IHSG.

    Info Elliot wave, Dow jg menarik dan valuable.

    Tp, maaf kalo salah, Pak Bulkowski membuat analysis teknikal agak membingungkan begitu banyak alternative pattern grafiknya — yang bisa kita apply ke indeks (dengan outcome yang beda).

    Waktu quiz kemarin ada pertanyaan tentang “stick sandwich”… terus terang saya pikir itu semacam trick question seperti bapak Tommy bicara makanan steak (sapi) sandwich (!). Baru lihat situs Bulkowski ternyata memang ada “stick sandwich” — apalagi ada “dead cat bounce”, “abandoned baby” dan “rickshaw man” .

    ok sarapan dulu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.