Skenario ‘Pojok Kanan Atas’… skenario sebulan yang lalu…

88

Jika anda masih ingat tulisan saya yang berjudul ‘Di Pojok Kanan Atas‘ yang saya tulis di akhir bulan lalu, sebagian besar dari skenario wave yang tertulis disitu sudah terlihat kenyataannya.  Diantaranya:

  • Untuk intermediate wave, IHSG bergerak naik ke kisaran 2500 – 2550.  Titik tertinggi intraday 2559, titik tertinggi untuk harga penutupan di 2528.

090927 Intermediate IHSG

  • Untuk minor wave, juga sudah terjadi seperti perkiraan saya…

090927 Minor IHSG

Variasi terlihat terjadi pada minute wave.  Meski ini baru ‘kemungkinan’, tapi adanya variasi ini memunculkan dugaan bahwa trend naik jangka panjang yang berawal pada Oktober tahun lalu memang sudah berakhir.  Pergerakan dari minor wave 5 ini ternyata tidak berbentuk wave ‘normal’ dimana wave ketiga lebih panjang dari wave pertama dan kelima.  Akan tetapi, wave 5 ini berbentuk triangle (atau lebih mirip head and shoulder tepatnya) karena wave ketiga-nya (wave [iii]) ternyata lebih pendek dari wave pertama (wave [i]), dan wave kelima-nya (wave[v]) lebih pendek dari wave ketiga (lihat gambar di bawah ini)

091025 Minute IHSG

Berarti : Terdapat kemungkinan bahwa trend naik dari IHSG yang berawal dari Oktober tahun lalu.. ternyata SUDAH BERAKHIR! Saya bilang ‘kemungkinan’ karena dengan bentuk wave yang seperti ini, wave 5 ini hanya dinyatakan berakhir jika IHSG sudah bergerak turun dan ditutup dibawah titik awal dari wave 5, yaitu di level 2272.  Artinya: trend naik jangka panjang dari IHSG yang berawal dari Oktober tahun lalu, baru berakhir jika IHSG ditutup dibawah level 2272.

Level 2272? Pan masih jauh itu.. Lantas.. kemana arah IHSG kedepan?

Hehehe.. kita lanjutkan besok ye… pada tulisan saya yang lain.. Udah ngantuk nih.. Chelsea juga sudah menang 5-0.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading


You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.