Mungkin sudah saatnya kita ‘membalik’ chart…*

36

Selamat siang…

Sebelum kita ngobrol lebih jauh.. mari kita perhatikan dulu chart INDF di bawah ini:

091028 INDF

Chart seperti ini adalah ‘impian’ dari setiap orang.  Orang-orang yang mencari .. saham mana yang sebaiknya menjadi ‘sasaran tembak’ hari ini.  Lihat saja:  Trend turun terlihat cukup tajam.  Harga saham baru saja menembus trend turun.  Bahkan, harga saham itu baru saja menembus ‘resisten’.  Dalam kondisi seperti ini.. biasanya.. seorang trader/analis teknikal akan langsung menarik fibonacci.  Melihat.. berapa retracement 38.2%, retracement 50%, dan retracement 61.8-nya.  Retracement yang kira-kira akan menjadi target pergerakan harga.  Anda lihat ke atas deh.. Retracement 38.2%  di 2400.   Retracement 50% di 2100, dan retracement 61.8% ada di 1800.  Dengan INDF sekarang berada di level 2850 – 2900… berarti harga saham INDF akan naik….

Lho?? kok sepertinya ada yang salah.. Kalau INDF sekarang berada di level 2850 – 2900.. berarti kalau ke 2400 – 2500.. bukannya naik dong??

Anda benar.  Jika sejak awal anda waspada.  Anda akan melihat skala di sebelah kanan.  Anda bisa melihat bahwa chart itu.. adalah chart yang ‘terbalik’.  Atau sengaja dibalik.  Atas.. menjadi bawah.. dan bawah menjadi atas..

Wah.. ngawur ini… cara charting ini tidak benar..

Well.. tapi setidaknya ini bisa menghilangkan ‘bullish effect‘ yang sering menghinggapi setiap orang.  Yang saya maksud sebagai ‘bullish effect‘ disini adalah begini:

  • Ketika market bullish.. banyak sekali ‘analis’ atau ‘trader sukses’ baru yang muncul di pasar.
  • Prediksi atau rekomendasinya sering benar.
  • Kalau sudah bilang beli-beli-beli.. beli ini.. beli itu… mereka selalu benar.  Karena harga selalu naik.
  • Tapi ketika market bearish.. prediksi/rekomendasinya ngaco.  analis/trader kemudian menghilang.

Realitanya: Trader/analis tersebut sebenarnya orang yang tidak sadar.. apakah mereka itu benar karena marketnya memang naik, atau karena memang mereka itu bisa memprediksi dengan benar.

Semoga saya bukan termasuk orang-orang itu….

Prediksi pergerakan harga itu sebenarnya tidak susah.  Prediksi pergerakan harga itu sebenarnya sama saja tingkat kesulitannya.  Baik ketika market naik, dan juga ketika market turun. Terlebih lagi.. Harga naik dan turun, itu juga biasa.  Dan bagaimana kita mensikapinya sebagai seorang trader.. itu yang paling penting.

Happy trading.. semoga untung!!!

Perencana Trading

*saya menyarankan anda membaca dulu halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.