Jadilah Trader untuk mengurangi stress…

91

Ketika memutuskan untuk membeli saham, orang akan dihadapkan dengan naik turunnya harga, keputusan untuk membeli dan menjual, untung dan rugi, serta masih banyak lagi.  Intinya: main saham itu identik dengan tambahnya stress dalam hidup ini. Hehehe.. apa harus begitu sih?

Menurut saya sih.. tidak seperti itu.  Trading saham itu FUN.  Gembira.  Menyenangkan.  Trading saham itu FUN ketika kita benar-benar menjalani dengan benar prinsip dari trading, yaitu:

Beli ketika harga akan bergerak naik… dan Jual ketika harga akan bergerak turun!

Trading itu tidak lagi menjadi FUN.. ketika orang berubah menjadi pengingar.  Ngakunya trader.. tapi harga bergerak berlawanan dengan kemauannya, kemudian berubah menjadi investor.  Ngakunya investor… tapi ketika harga bergerak 10% dalam waktu seminggu.. eh.. dijual juga.  Ngakunya trader.. tapi nggak kenal cut loss.  Ngakunya investor.. eh.. tapi pake margin.  Ngakunya cari duit itu susah.. tapi duit kemudian dibuang-buang untuk ide-ide trading yang ngerti aja enggak.  Ngakunya punya self control… tapi saham gak jelas di embat juga.  Dan masih banyak lagi.

Jadilah trader yang FUN.  Tradinglah dengan terencana.  Tradinglah dengan disiplin.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

You might also like More from author

2 Comments

  1. Edwn says

    Thanks for the post!

    Saya seorang pemain saham baru… Kadang Menjadi investor, kadang menjadi trader. Pas saya baca blog anda yang ini benar2 menjadi reality check untuk saya yang masih belum nemuin jati diri di dunia saham! Very much appreciate it!

    Kalau saya boleh tanya, apa advise anda untuk menjadi trader/investor yang disiplin. Karena untuk saya sendiri definisi disiplin itu masih sangat rancu di dunia saham.

    Thanks in advance for you reply!

    Happy Cuan!

    Edwin

    1. Perencana Trading says

      Waduh.. terus terang.. saya sangat bersyukur karena tulisan saya disini bisa bermanfaat untuk orang lain. Tapi masalahnya, pertanyaan anda tentang bagaimana bisa menjadi trader yang disiplin.. jawabannya mungkin bisa menjadi satu tulisan.. atau malah bisa satu buku barang kali .. 😀

      So.. Jika anda orang yang terburu-buru, anda bisa baca buku Disciplined Trader karangan Mark Dounglas. Kalau anda menunggu dari saya.. hehehe.. sekarang sih saya belum sempat.. semoga saya segera memiliki kesempatan untuk menjawab pertanyaan anda.

      Terima kasih telah menjadi pembaca dari Rencana Trading.

      Happy trading, semoga untung!!!
      Perencana Trading

Leave A Reply

Your email address will not be published.