Dunia ini panggung sandiwara…*

34

Selamat pagi…

Jika anda pengunjung lama dari weblog ini, pasti anda sudah pernah membaca ulasan saya mengenai Obama Factor.  Konteksnya: ketika market terlihat menuju sebuah koreksi besar, pasti akan muncul satu dari tiga orang ini: Obama, Bernanke, atau Buffet.. melakukan ‘sesuatu’ agar market bisa menjadi tenang.  Kondisi ini yang terjadi semalam.  Dengan signal bearish yang terjadi sebelumnya (lihat Want to see the real ‘Horror’?), market Eropa yang drop, futures DJI turun cukup lumayan (this is kind of good set up for a correction.. right?)… Eh.. Oom Warren.. muncul… mengakuisisi perusahaan kereta api.  Pesan yang saya lihat (dan mungkin juga dilihat oleh pelaku pasar Amerika): Warren Buffet aja masih berani beli.  Mengapa kita tidak?  Dan setelah itu, koreksi market langsung berhenti.  Ok lah, DJI masih ditutup minus tipis.. tapi ini jauh lebih baik dibandingkan dengan posisi Dow Fut kemarin sore.

Pertanyaannya: Mampukah ini semua membuat market dunia kembali rebound? 091103 Approval Index

Jika anda melihat pada Obama Factor, saya menggunakan Obama approval index sebagai indikator.  Dan karena approval index ini masih didalam batas wajar (angkanya memang jelek: -13, tapi, kisaran -10 hingga -13 masih terlihat wajar belakangan ini), jadi bisa saja ini akan menolong market untuk beberapa waktu kedepan.

Jadi… Apa yang akan terjadi setelah ini?

Saya juga masih belum bisa memastikan.  Belum ada signal bullish juga sih.  Tapi setidaknya, kondisi bursa Amerika yang hanya turun tipis itu, bisa menyebabkan sentimen positif pada regional, dan membuat IHSG juga turut mengalami rebound.  Akan tetapi, semua memang masih harus dilihat perkembangannya.

Hingga pergerakannya kemarin, IHSG memang masih menunjukkan kecenderungan konsolidasi.  Belum terlihat potensi penurunan yang cukup dalam.  IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak flat dengan resisten di kisaran 2350 -2355 dan suport di kisaran 2290 – 2310.  Dilihat dari posisi saham penggerak IHSG kemarin, saya sebenarnya agak khawatir jika tekanan jual dari ASII berlanjut dan membuat harga saham ini menembus suport di 30000.  Saya juga khawatir akan tekanan jual yang terlihat pada saham-saham Bakrie.  Tapi.. yah.. gimana lagi… Dunia ini panggung sandiwara.  Dan peran saya.. tentu saja.. tetap lebih kecil daripada peran dari seorang Warren Buffet.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

PS: Meski posisi spekulatif menarik untuk dilakukan, saya baru melakukan posisi beli-simpan jika IHSG bisa ditutup diatas 2350 – 2355.

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.