Bersiap akan kemungkinan terburuk…*

25

Selamat pagi…

Aksi dari Warren Buffet kemarin, ternyata pengaruhnya tidak berlangsung lama.  Indeks Dow Jones Industrial (DJI) yang sempat berada diatas trend turunnya, akhirnya ditutup dibawah trend turun tersebut akibat aksi jual pada satu jam terakhir sebelum bursa ditutup.   Ini artinya: meskipun naik, kenaikan yang terjadi pada DJI belum tentu akan memberikan sentimen positif.  Kegagalan dari penembusan trend turun pada DJI malah bisa menjadi signal bearish.  Trend dari DJI memang masih trend turun.  Belum berubah menjadi mendatar, apalagi trend naik.

Kuatnya trend turun ini membuat saya bersiap akan kemungkinan terburuk: kembali exit market dalam kondisi rugi.   Kemarin sore, saya memang positioning.  Tapi, dengan planning bahwa saya akan lepas hari ini, untung atau rugi.  Kegagalan dari penembusan sebuah trend turun, adalah sebuah signal bearish.  Dan saya harus bersiap jika hari ini saya terpaksa melakukan cut loss.

Dalam trading, disiplin adalah kunci.  Kunci kesuksesan trading.  Kunci kesuksesan dalam pelaksaanaan sebuah trading plan.  Disiplin membuat kita bisa melakukan evaluasi yang benar terhadap trading plan yang kita laksanakan.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

3 Comments

  1. Budi B says

    Hampir semua bursa utama dunia udah turun dibawah 50d MA, artinya trend jk pendek udah bearish. asset class yg belum turun dibawah 50d hanya komoditi (CRB) dan Dollar Index (DXY). Kalo Dollar Index break 50d MA 76.6, semua commodity akan sell off termasuk minyak dan emas. Bagaimana?

    1. Perencana Trading says

      Hopefully… hehehe. Longer the bearish… orang akan makin melihat perbedaan antara orang yang berkualitas dan orang yang sekedar lucky

      Anyway.. view bearish saya bisa anda lihat di tulisan saya: Want to See the Real ‘Horror’?

      Terima kasih.

  2. 15.45* « Rencana Trading

    […] Harga saham saat ini (15.30), terlihat sangat menarik.  Menarik karena harga sahamnya sudah agak jauh dari harga jual saya tadi pagi (saya jual ASII di 30200, BMRI di 4650, BBCA di 4600, dan UNTR di 14600).  Tapi.. harga yang menarik ini tidak menarik minat saya untuk melakukan pembelian kembali.  Ini karena saya masih mewaspadai kemungkinan adanya Pinocchio Bar di indeks Dow Jones Industrial. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.