Melaksanakan ‘Plan B’.. Mempersiapkan ‘Plan C’*

45

Selamat pagi…

Terkadang menyesal juga.. kenapa kemarin ketika harga berada di level suport saya tidak beli.  Akan tetapi, trading bukan mengenai penyesalan.  Jika kita menghabiskan waktu untuk menyesali apa yang sudah terjadi, pastilah tidak ada habisnya.  Trading adalah bagaimana kita 091106 DJIbereaksi secara cepat dan tepat terhadap fakta terakhir yang ada, dan tetap juga mempersiapkan diri terhadap berbagai kemungkinan yang masih mungkin akan terjadi di masa yang akan datang.  Ok lah.. Plan A mungkin tidak berjalan.  Tapi kan masih ada Plan B.  Plan C tetap saja kita siapkan, just in case Plan B gagal.

Ditutup atas level psikologis 10.000, berarti trend turun jangka pendek DJI sudah berakhir.  Akan tetapi, belum bisa memastikan apakah trend jangka pendeknya berubah menjadi naik.    Dari gambar disamping dapat dilihat bahwa DJI masih memiliki trend turun yang lebih landai yang belum ditembus.  Artinya: Trend DJI baru berubah menjadi mendatar apabila bisa ditutup diatas kisaran resisten 10.000 – 10.050.

Apa yang harus dilakukan? Apakah saya harus mengejar harga di pagi hari ini?

Saya akan kembali ke pertanyaan.. kemana sebenarnya arah pergerakan harga.  berapa resisten pertamanya? Dan jika resisten pertama ini ditembus, berapa resisten keduanya? Posisi beli sebaiknya tetap hanya dilakukan apabila kita melihat adanya peluang keuntungan yang cukup.  Dengan potensi stoploss yang terjaga.  Melihat pergerakan kemarin, maka hari ini saya hanya akan melakukan pembelian spekulatif dalam volume secukupnya pada kisaran harga dibawah resisten pertama.  Dan saya hanya akan menambahkan posisi jika resisten pertama tersebut mampu ditembus, dengan rencana untuk melakukan take profit pada resisten yang kedua.  UNTR misalnya, dengan suport di 14300, resisten pertama di 14700, dan kisaran resisten kedua di 15000 – 15500.  Saya hanya akan positioning jika pada perdagangan awal saya bisa dapat di bawah harga 14700, dan menambahkan posisi ketika harga bisa kuat diatas 14700.  Dengan rencana, bahwa jika harga mencapai kisaran 15000 – 15500.  Saya akan melakukan take profit.  Dan saya akan melakukan stoploss jika suport di 14300 ditembus.  Tapi.. jika saya tidak bisa memperoleh UNTR dibawah resisten pertama? ya saya tidak akan ngejar atau ngoyo.  Lain kali kan akan ada kesempatan lagi.  Lagian, trend DJI belum berubah menjadi naik bukan? Dan trend turun IHSG, hanya berakhir jika IHSG mampu ditutup diatas kisaran resisten 2400 – 2420. (saya mungkin akan berubah menjadi bullish jika IHSG mampu melewati resisten tersebut).

Kesabaran adalah kunci sukses dari trading.  Tidak perlu terburu buru.  Kesempatan berikutnya akan mendatangi kita di lain waktu.  Arini… Masih ada kereta yang akan lewat…

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

1 Comment

  1. Budi B says

    om… di AS volatility meningkat tajam 2 minggu terakhir, volume lebih kecil ketika rebound dan besar ketika turun, ini bisa menjadi sinyal proses distribusi….. jadi perlu rencana lebih dari C….. 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.