Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Menghitung potensi keuntungan dalam persen

329

Wah… bete.. bung Perencana Trading maennya saham-saham yang mahal-mahal melulu.  ASII, UNTR, ITMG, AALI, dll… mana bisa trader kecil seperti kita ikutan?  Keluhan seperti ini adalah keluhan yang tidak jarang.. atau bahkan  sering kali disampaikan kepada saya.

Berikut pendapat saya:

  • Saya menghitung keuntungan dalam persen. Tidak dalam poin.  Menurut saya sih, anda juga harus melakukannya karena required rate of return anda juga dalam persen, bunga margin anda juga dalam persen, dan fee yang anda bayar adalah juga dalam persen.  Semua penghitungan dalam persen.. Mengapa kita harus berhitung dalam kacamata poin?
  • Pergerakan dari saham-saham tersebut secara lebih hidup.  Lebih ada volatilitasnya dibandingkan dengan saham-saham yang lain.
  • Mencari keuntungan 10% dalam saham-saham tersebut, lebih mudah (dan lebih cepat) dibandingkan mencari 10% di saham-saham yang lainnya.
  • Saya mendapatkan 10% dari saham-saham tersebut karena saya bisa memprediksi dan trading (dan juga ijin dari Alloh SWT agar prediksi saya terlaksana serta eksekusi yang benar dalam melakukan).  Bukan karena keberuntungan, bukan karena bantuan orang lain, dan bukan karena belas kasihan dari para bandar atau orang lain.  Anda menang 3 dari 10, itu keberuntungan.  Tapi ketika anda menang 7 dari 10?
  • Trading saham memang perlu modal yang agak besar.  Dari pengalaman dan pengamatan saya, trading itu memang sedikitnya memerlukan modal sekitar Rp100 juta.  Kurang dari itu? mendingan masuk ke reksadana saja karena sulit untuk membentuk portfolio yang sehat.

Akan tetapi…. Saya meletakkan stoploss saya, dengan menggunakan POINTBUKAN PERSEN! Stoploss dengan persen sering terlalu longgar, tidak fixed.  Sehingga membuka ruang untuk melakukan kesalahan.

Let me remind you…  Kita disini… mencari keuntungan.  Mencari uang.  Dan ketika menyangkut masalah uang?  Tidak ada teman.. tidak ada persahabatan.

Terakhir… Saya bukanlah orang yang luar biasa.  Saya bukan Superman.  Saya bukan orang yang berbakat, gifted, apalagi yang terpilih.  Oleh karena itu, saya yakin anda juga bisa melakukannya karena saya juga bisa melakukannya!!!

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading


Leave A Reply

Your email address will not be published.