Keuntungan itu datangnya dari pergerakan harga

57

Pernahkah anda melihat hal yang ‘aneh’ dari setiap chart saya? Bukan masalah tulisan www.rencanatrading.com yang selalu melintang, atau tulisan ‘sumber: PT Trimegah, Tbk’ yang dulu ada tapi sekarang tidak ada.  Tapi.. pernahkan anda melihat bahwa saya tidak pernah atau hampir tidak pernah mencatumkan ‘indikator teknikal’?

Jika anda sudah membaca tulisan saya sebelumnya anda mungkin sudah mengkira-kira jawabannya. Saya memang mendapat pengalaman buruk pada masa-masa saya mempercayakan prediksi saya terhadap indikator. Hikmah yang saya ambil dari kejadian itu adalah sebagai berikut:

  • Apakah tujuan seorang trader? mencari keuntungan.
  • Keuntungan dari mana? dari pergerakan harga

Jadi…

Trader –> pergerakan harga –> eksekusi –> untung/rugi

Artinya: Jika trader bisa menebak arah pergerakan harga dan melakukan eksekusi dengan benar, maka trader untung. Jika tidak, trader rugi.

Sekarang begini.. Apakah indikator itu?

  • Indikator adalah sebuah model yang dibuat untuk bisa menjelaskan pergerakan harga dengan lebih mudah, sehingga seorang trader bisa membuat keputusan yang lebih baik dalam tradingnya.

Jadi, dalam prinsip ini:

Trader –> Indikator –> Pergerakan harga –>

signal beli/jual –> eksekusi –> untung/rugi

Saya tidak tahu dengan anda. Tapi yang saya lihat, indikator itu menjauhkan anda satu langkah untuk memahami pergerakan harga. Belum lagi, indikator itu juga tetap saja tidak sempurna. Ketidaksempurnaan indikator ini, bahkan sampai memiliki nama: divergensi. Ini membuat semuanya menjadi complicated. Dan ujung-ujungnya… Menjauhkan anda dari keuntungan!!!

“You dont know what the answer is.. if you dont know what the right questions are”

Sekali lagi saya ulang pertanyaannya:

  • Apakah tujuan dari transaksi?
  • Keuntungan yang diperoleh dari mana?
  • Happy trading, semoga untung!!!

    Perencana Trading

    You might also like More from author

    Leave A Reply

    Your email address will not be published.