Never fall in love with a stock…*

62

Kalau anda lagi liatin FB anda… dimana banyak teman-teman anda yang trader juga, anda pasti sedang merasa bahwa hari-hari ini adalah hari ‘BUMI’.  Bukan BUMI = earth.. tapi yah.. BUMI yang biasanya itu lah…

Saya pernah mendapatkan nasehat dari sebuah buku: ‘Never fallin’ love a stock’.  Intinya: Hey.. saham itu.. cuman angka.. alat.. atau benda.  Duniawi deh.. pokoknya.  Harganya memang bisa naik atau turun.  Kalau naik pas kita kebetulan beli.. ya kita untung.  Kita senang.  Tapi kalau harga turun tapi kita terlanjur beli, stoploss kena.. ya jualan… rugi.  Udah.  Itu kalau anda menganggap saham sebagaimana mestinya.

Tapi.. kalau anda sampai jatuh cinta.. setiap hari anda pikirin.. naik.. turunnya..kalau naik happy.. kalu turun bikin gak bisa makan… (dan tulis status macem-macem di FB).  Betapa sexynya kalau dia rebound.  Kecupan tjoannya.  Hangatnya tawa riang teman-teman anda bila anda merayakan kemenangan..

Well… kalau begitu mah.. dimana-mana, kalau patah hati.. yang ada ya cuman sakit.  Gak usah sakit deh.. 10 tahun di pasar modal.. saya sudah sering melihat orang yang jatuh bangkrut.. cuman gara-gara jatuh cinta sama sebuah saham..  saking cintanya, sampai gak mau jualan.. boro-boro cut loss.. jual untung aja gak mau?

So.. it just a stock … Alat.  Benda.  Duniawi.  Get over it!!! BELI KETIKA HARGA MAU NAIK, dan JUAL KETIKA HARGA TURUN!!!

TITIK!!!

(piss bro..)

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.