Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

DJI belum mampu menembus resisten…

91

Selamat pagi…

Tadi malam, saya sempat mematikan televisi dengan bahagia.  Ketika itu Dow Jones Industrial (DJI) masih berada di kisaran resisten 10300 – 10350.  Akan tetapi, saya kaget juga ketika bangun tadi pagi, karena DJI ditutup dibawah kisaran resisten tersebut.  Belum ada signal bearish sih.. tapi kondisi penutupan DJI yang masih dibawah resisten, tetap saja membuat saya berhati-hati.  Respon mixed atau flat naik yang ditunjukkan oleh regional Asia pagi ini, menunjukkan bahwa marketnya memang lagi berhati-hati, atau setidaknya belum yakin.

IHSG hari ini saya perkirakan masih akan bergerak bervariasi di kisaran 2372 – 2432.  Mengulangi kemarin (semoga anda belum bosan..): pada IHSG terdapat dua resisten penting: 2421 dan 2446.  Saya memang cenderung untuk berhati-hati selama IHSG masih belum menembus resisten itu.  Saya baru mau bullish untuk jangka menengah/panjang jika IHSG mampu menembus resisten tersebut.

Dilihat dari pergerakan kemarin, BUMI masih belum mampu menembus resisten di 2450 – 2475.  Best case: resisten ini dicoba, tapi next resisten tidak jauh.. cuman di 2500 – 2550.  Potensi kenaikan yang tidak cukup banyak ini, BUMI terlalu beresiko untuk saya hari ini.

Satu hal yang menarik perhatian saya pagi ini adalah reversal signal yang ditunjukkan oleh saham-saham penghasil semen: INTP dan SMGR.  SMGR terlihat memiliki potensi pelemahan ke 6800 – 7000, dan INTP dengan potensi pelemahan ke 10750 – 11100.  Satu lagi yang saya khawatirkan adalah BBCA yang kemarin ditutup dibawah trend naiknya.  Meski sebenarnya potensi penurunannya belum besar.. hanya 4500 – 4675.

Kedisiplinan saya untuk tidak menyentuh saham diluar ‘List of Battlefield’.  Memang terkadang ‘aneh’ dimata sebagian orang.  Tapi.. trading itu memang sebaiknya seperti itu.  Disiplin dalam menjalankan plan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.