Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Terpaksa bertahan di market…*

88

Selamat pagi…

Prinsip saya cuman satu: beli ketika harga akan naik dan jual ketika harga akan bergerak turun.  Jadi.. hari-hari ini, meskipun saya sebenarnya lebih suka memprediksi bahwa IHSG akan bergerak turun, akan tetapi, karena belum ada signal bearish, saya terpaksa mempertahankan portfolio dalam jumlah kecil karena posisi terakhir dari IHSG, belum mengindikasikan perlunya yang melakukan posisi full cash.

Disisi lain, saham-saham kemarin terlihat mengalami kesulitan dalam menembus resistennya.  Jika anda melihat Cheatsheet yang saya buat untuk edisi tadi malam, anda bisa melihat bahwa tercatat setidaknya ada 9 saham (AALI, BBCA, BMRI, INCO, KLBF, LSIP, PTBA, TLKM, dan UNVR) yang kemarin pergerakan naiknya terhenti di resisten level.  Satu-satunya yang memiliki potensi kenaikan yang cukup besar hanyalah BUMI.  Tapi kemarin, saham ini malah ‘duduk manis’ melakukan suport testing.

So.. the best thing about a flat market (after a long upward trend) is: it provide you with nearest place to make an exit (kira-kira gitu deh.. hehehe).  Hal yang terbaik yang bisa timbul pada  sebuah flat market yang muncul setelah trend naik yang cukup lama adalah: kondisi tersebut membuat anda memiliki tempat yang dekat untuk melakukan posisi exit jika terjadi sesuatu. ASII misalnya.. suportnya relatif dekat di 33500, yang jika ditembus, harganya bisa turun hingga32500.  ITMG dengan suport di 26600, yang jika ditembus bisa memiliki potensi penurunan ke 25000 – 25500.

Tapi.. yang terpenting untuk diingat adalah: hingga saat ini, belum ada signal bearish yang muncul. Saya hanya akan exit market jika ada signal bearish yang muncul.  Dan signal bearish itu hanya muncul jika IHSG ditutup dibawah kisaran suport kedua: 2440 – 2450 (suport pertama di 2461.. jika suport ini ditembus, posisi saya yang untung… akan saya exit).

Enjoy your trading…

Happy trading.. semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.