Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Belum ada signal bearish…*

61

Selamat pagi…

Penurunan sebesar 11.11 poin (0.11%) pada DJI sepertinya tidak akan berpengaruh banyak terhadap IHSG.  Membuat kita waspada.. memang iya.. tapi apakah itu akan membuat IHSG tertekan, mungkin tidak.  Ditutup diatas suport 2475 kemarin, IHSG terlihat menjaga peluangnya untuk terus bergerak naik menuju kisaran 2500 – 2535.  Setidaknya, selama IHSG tidak ditutup dibawah suport 2450.

Trend naik ini memang sudah berlangsung terlalu lama.  ‘Episode ASII’ yang terlihat pada sesi pertama perdagangan kemarin, memang memperlihatkan bahwa orang memang sudah mulai betting bahwa titik puncak IHSG bakalan tercapai sebentar lagi.  Akan tetapi, sebuah level biasanya bisa disebut sebagai titik puncak apabila titik puncak tersebut sudah terlewati.  Atau dengan kata lain, sebuah titik puncak baru nampak, jika trend naik, sudah berubah menjadi trend turun.  Dan trend naik pada IHSG, baru berubah menjadi trend turun jika IHSG hari ini gagal ditutup diatas level 2450.  Mau mencari indikasi tambahan? Pagi hari ini saya menggunakan level 22.585 yang merupaka titik bawah dari gap 22.585 – 22.770 pada indeks Hangseng.  Jika suport itu gagal bertahan, saya mungkin akan berubah menjadi bearish.

So… kalau anda sudah mengintip di Cheatsheet semalam, saham yang terlihat masih memiliki potensi kenaikan adalah BUMI dan PGAS. Stock to watch karena masih menunggu penembusan resisten adalah LSIP, AALI, dan UNVR.  Disisi lain, kita juga harus mewaspadai potensi koreksi pada saham-saham perbankan mengigat saham-saham di sektor ini memiliki bobot yang cukup besar pada IHSG.

Terakhir… Saya akan BOW (Buy on Weakness) jika memang pada perdagangan pagi IHSG sedikit melemah (tapi kayanya enggak deh..).  Disisi lain, jika IHSG hari ini ditutup dibawah 2450.. saya akan full cash.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.