15.45*

36

Selamat sore…

Terus terang, saya barusan ketiduran.  Maklum.. suasananya memang mendukung.  Bangung sekitar jam 3 tadi.. Kepala dan muka berasa panas… waduh.. ada apa ini…

Ternyata setelah saya hidupkan monitor, saya mendapat jawabannya.  Bagaimana tidak… ditengah bursa regional yang masih saja memberikan signal bearish (Nikkei ditutup dibawah level psikologis 9500, dan Hangseng ditutup dibawah level suport 22.585), IHSG ternyata masih berada dalam posisi naik.  Nggak bisa disalahin juga sih.. market Singapore-nya juga naik.. bisa jadi ini contagious effect dari situ.  Tapi, setelah saya melihat bahwa kenaikannya hanya terjadi pada ‘kelompok tertentu’ saja. Hm….

Well.. at least.. trend IHSG belum berubah menjadi trend turun.  Trend IHSG memang masih trend mendatar pada kisaran 2458 – 2490.  Untuk menjadi trend naik, IHSG mungkin harus ‘menyelesaikan masalah’nya dulu dengan resisten di level psikologis 2500.  Sedangkan untuk menjadi trend turun, IHSG harus mengakhiri peran dari suport di 2450 – 2458.  Dan ketika kita berada di dekat resisten dari trend mendatar seperti ini, yang bisa saya lakukan hanyalah wait and see.  Hold posisi.  Saya lihat Senin deh…  Yang jelas, posisi terakhirnya, BUMI terlihat masih melanjutkan trend naiknya, tapi masih belum mencapai kisaran resisten jangka pendeknya di 2900 – 3100.  ITMG juga membatalkan trend turunnya, dan PTBA berada diatas dari triangle-nya.  Apakah ini berarti sektor batubara bisa menggeliat untuk minggu depan?  Saya tidak mau berspekulasi.   Yang jelas.. kondisi regional yang tidak bersahabat.. membuat saya memilih untuk menunggu.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.