Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Signal bearish.. asli? atau palsu?*

85

Selamat pagi…

Meski tidak terlalu dalam, koreksi yang terjadi pada indeks Dow Jones Industrial (DJI) meninggalkan sebuah signal bearish karena posisi penutupannya dibawah doji yang terjadi sehari sebelumnya.  Dilihat dari trend naik terakhirnya, target pelemahan diperkirakan ada di kisaran  9970 – 10170.  Dengan kata lain: jika trend naik ini ‘benar-benar berakhir’, maka DJI berpotensi untuk menguji level psikologis 10.000.  Saya bilang ‘benar-benar berakhir’ karena signal bearish yang terjadi sebelumnya adalah signal palsu.  Jadi, kita memang masih harus tetap fleksibel: jika DJI nanti malam 10380, bisa jadi signal bearish ini sama saja kualitasnya dengan signal bearish yang muncul di akhir minggu lalu.

So.. signal bearish ini membuat kita harus mewaspadai munculnya signal serupa di bursa Asia.  Untuk Hangseng, posisi suportnya ada di level 22.585, sedangkan untuk IHSG, suport ada di 2450.  Jika Hangseng ditutup dibawah 22.585 (terutama kalau sudah dibawah 22.343 deh..) berarti signal bearish itu sudah merembet ke bursa Asia, dan IHSG sepertinya akan sulit untuk bisa bertahan diatas suportnya di 2450.   Jika suport ini ditembus, potensi penurunan minimalnya bisa mencapai kisaran 2390 – 2400.

Untuk saham-sahamnya… jika kita melihat Cheatsheet semalam, terlihat baru BMRI dan ITMG yang memberikan clear sell signal sehingga memiliki potensi penurunan yang cukup.  Masalahnya, kedua saham tersebut mewakili sektor perbankan dan batubara.  Dua sektor yang menjadi motor pergerakan IHSG belakangan ini.  Takutnya.. kalau ini merembet ke saham-saham yang lain.. bisa gawat.  Posisi TLKM hari ini yang ‘tidak boleh terkoreksi untuk mempertahankan trend naik’, juga membuat situasi menjadi complicated.

As long as 2450 bertahan… berarti trend masih naik.  Tapi, jika 2450 gagal bertahan.  Saya lebih suka exit posisi trading saya yang cuman 10 % itu, dan pegang cash.  Menunggu kondisi lebih kondusif lagi untuk bisa re-enter the market.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.