Menunggu keluar dari flat range…

31

Selamat pagi…

IHSG kemarin ditutup menembus trend naik jangka pendeknya.  Akan tetapi, ini bukan berarti trend IHSG berubah menjadi trend turun.  Pada gambar disamping kita dapat melihat bahwa IHSG masih berada dalam trend mendatar dengan kisaran utama di 2459 – 2487.  Level 2456 akan menjadi suport kedua, dan resisten kedua ada di 2491.

Dalam kondisi seperti ini, trend IHSG kedepan sangat ditentukan oleh kisaran mana yang akan ditembus.  Jika kisaran suport 2456 – 2459 yang ditembus, berarti trend IHSG berubah menjadi turun dengan arah ke 2370 – 2420.  Akan tetapi, jika resisten 2487 – 2491 yang ditembus, berarti IHSG masih akan melanjutkan trend naiknya dengan arah ke 2520 – 2530.

Jika anda bertanya kepada saya:  menurut prediksi saya, mana arah penembusan yang saya pilih?  Saya pilih ke bawah.  Kondisi dari DJI yang masih berkutat dengan resistennya memperbesar probabilitas bahwa arah penembusan adalah ke bawah.

Akan tetapi, pengalaman saya juga menyatakan: trading jangka pendek dan prediksi jangka menengah itu adalah dua hal yang berbeda.  Terkadang kita memang harus fokus pada pontensi kenaikan jangka pendek, dengan ‘sedikit’ mengesampingkan view (prediksi) jangka menengah).  After all…selama IHSG masih diatas suport 2456 – 2459, posisi trading masih bisa dilakukan.  Saya hari ini lebih suka fokus pada saham-saham yang kemarin berhasil menembus resisten:  PTBA, AALI, dan UNVR.  Dengan posisi stoploss yang dekat, saham-saham ini terlihat cukup menarik untuk diperhatikan.  Terutama dengan kondisi dimana potensi penurunan dari BUMI, sepertinya akan dibatasi oleh suport di level psikologis 2500.

Sementara itu dulu dari saya…

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.