Retesting Lows…*

29

Selamat pagi…

Dengan Dow Jones Industrial (DJI) hanya naik tipis, bursa Asia cenderung bergerak flat turun pada pagi ini.  Kondisi ini membuat kita harus mempersiapkan diri terhadap kemungkinan koreksi, mengingat gara-gara Dubai World, pelaku pasar sepertinya masih sedikit ‘sensi’.

In the movers… Bakries sepertinya masih akan menjadi penentu.  Meski saham-saham ini terkenal suka memperlihatkan ‘surprising moves’, dengan posisi ‘normal’ yang memperlihatkan kecenderungan koreksi, sepertinya akan mendorong saham-saham yang lain untuk melakukan suport testing. ELTY tetap menjadi sasaran pengamatan saya hari ini.  Dengan downside (potensi penurunan) hingga kisaran 150 – 185, hari ini saya mau mencermati apakah suport di level 200 bisa menahan penurunan.  Disisi lain, setelah kemarin menyentuh kisaran resisten 2500 – 2575, kita harus memperhatikan apakah BUMI hari ini akan menguji suport di kisaran 2175- 2250.

Untuk saham bluechips yang lain… potensi koreksi yang terlihat pada INCO sebaiknya membuat kita berhati-hati.  Selain itu, retesting lows yang mungkin harus kita cermati adalah pada saham ASII dan BMRI.  Jika suport di 31500 – 31700 gagal bertahan, ASII memiliki peluang untuk terkoreksi hingga level 30000.  BMRI dengan suport di level 4300, yang jika ditembus, memiliki potensi koreksi hingga 3700 – 3800.

So… IHSG hari ini sepertinya akan bergerak bervariasi atau malah flat-turun pada kisaran 2375 – 2425.  Satu variabel eksternal yang saya amati untuk hari ini adalah indeks Hangseng.  Jika HangSeng tidak mampu bertahan diatas suport dari kisaran gap 21685 – 22108, saya lebih senang menjadi penonton dibandingkan mengambil posisi BuyOnWeakness(BOW).

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.