Resisten Testing (Part 2)*

18

Selamat pagi…

Indeks Dow Jones Industrial sih turun tipis… akan tetapi, pelaku pasar di Jepang terlihat optimis dalam mensikapi statement dari The Fed pada Beige Book yang di release semalam.  Sehingga Nikkei naik diatas 2% pagi ini.  Disisi lain, pelaku pasar di Singapore terlihat lebih realistis.  Sadar bahwa STI sudah berada dekat level psikologis 2800, STI pagi ini terlihat cenderung mixed (setidaknya hingga 8.30).

Sebenarnya, posisi indeks yang berada di resisten level, tidak hanya terjadi di Indonesia.  DJI masih berkutat dengan resisten di 10500, HSI dengan resisten dari trend turunnya di 22450 – 22500, dan STI dengan level psikologis 2800.  Kondisi ini membuat saya menjadi sangat berhati-hati.  Posisi trading.. dalam jumlah yang kalau misalnya saya cut loss.. kerugiannya tidak membuat saya menyesal.   Dalam posisi indeks di resisten seperti ini, hal yang terpenting bagi diri saya adalah: dimana stoploss level dari trend naik ini (baik bagi IHSG dan saham-sahamnya), sehingga jika terjadi reversal, saya harus segera exit market, bersih barang.  Ok lah.. kalau ternyata resisten ditembus, kita tinggal lihat.. saham mana yang masih ada upside-nya.. itu yang kita kejar… Tapi.. kalau tiba-tiba ini semua berubah jadi bearish.. ya.. saya harus selalu siap.

In the mean time… Nanti malam Obama dan Bernanke dijadwalkan bikin pernyataan mengena kondisi perekonomian Amerika.   Omongannya sih.. kemunginan besar memang bakalan yang bagus-bagus.. maklum.. mereka memang gencar memerangi krisis ini dengan omongan.  Tapi.. apakah pasar akan menelan bulat-bulat omongan mereka?  data di www.rasmussenreport.com memperlihatkan bahwa kepercayaan publik terhadap kedua pejabat ini, sedang dalam level yang rendah.

So… its a wait and see market for me.  Terutama karena kemarin ASII saya laku di sore hari sehingga posisi saya adalah posisi full cash.  Kalau market turun, dan ditutup dibawah suport 2435, saya akan sangat happy.. tapi kalau naik.. dan IHSG terlihat kuat diatas suport 2475… yah.. berarti saya harus rela untuk kejar-kejaran di harga atas.

Happy trading.. semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.