Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Selama Minyak WTI(NYMEX) masih dibawah US$71.7 …*

97

Beberapa hari terakhir, anda semua mungkin bisa melihat bahwa saya sedikit khawatir dengan outlook harga minyak WTI (West Texas Intermediate, atau sering juga disebut sebagai minyak NYMEX, karena diperdagangkan di New York Mercantile Exchange) untuk jangka pendek.  Berikut adalah chart terakhir dari minyak WTI yang kami dapat dari www.netdania.com:

Harga minyak Nymex memang sudah terkoreksi sekitar 10% dalam dua minggu terakhir.  Memang sudah cukup banyak.  Akan tetapi, koreksi ini telah membuat harga minyak Nymex berada dibawah suport dari trend channelnya.  Ditutup dibawah suport dari trend channel ini, berarti minyak WTI memiliki potensi atau peluang untuk terus terkoreksi hingga kisaran US$60 per barrel – US$65 per barrel.  Atau dengan kata lain:

Selama masih dibawah suport US$71.7, harga minyak WTI (NYMEX) memiliki potensi penurunan hingga kisaran US$60 per barrel hingga US$ US$65 per barrel.

Harga minyak adalah pemimpin dari pergerakan harga komoditas.  Pergerakan harga minyak akan mempengaruhi pergerakan harga dari komoditas energi lainnya, dan juga komoditas logam, meski terkadang, korelasinya juga tidak terlalu besar.  Fakta ini agak sedikit mengkhawatirkan karena saham-saham yang terkait komoditas, kapitalisasinya saat ini adalah sekitar 15% – 25% kapitalisasi dari IHSG. Artinya, potensi koreksi sebesar 8% – 15% pada harga minyak berpotensi untuk memberikan gangguan terhadap pergerakan naik IHSG, terutama melalui saham-saham komoditas.

IHSG saat ini memang masih berada diatas suport dari triangle sehingga masih memiliki potensi kenaikan.  Akan tetapi, kita sebaiknya lebih waspada karena potensi koreksi dari harga minyak ini bisa menimbulkan gangguan pada potensi kenaikan IHSG.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

1 Comment
  1. […] barrel pada perdagangan hari Jumat, dan terus bergerak turun di pasar Asia pagi hari ini.  Meski saya sudah mengantisipasi hal ini, akan tetapi, posisi IHSG yang masih berada diatas suport dari triangle, membuat saya sedikit […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.