Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Mengintip kartu lawan… (Part 2)*

90

Pada bagian pertama tadi, kita sudah melihat bahwa berdasarkan data konsensus, rata-rata para analis memperkirakan target IHSG untuk tahun 2010 masih berada di level 2610.  Ini berarti upside potensialnya hanya sekitar 91 poin atau setara dengan 3.6%.

Sekarang masalahnya.. angka rata-rata itu semacam titik tengah.  Seberapa penyimpangannya.. itu sepertinya lebih penting.  Berapa perkiraan IHSG menurut analis yang bullish (memberikan rekomendasi beli)? Berapa perkiraan IHSG menurut analis yang bearish (memberikan rekomendasi jual)?

Sebelum kita melangkah lebih jauh… kita berbicara dulu masalah definisi.  Biasa.. biar tidak terjadi kesalahpahaman.  Yang saya sebut sebagai bullish analis disini adalah para analis yang memberikan rekomendasi beli.  Sedangkan yang saya sebut sebagai bearish analis adalah analis yang memberikan rekomendasi jual.  Yang saya sebut sebagai ‘target IHSG menurut bullish analis‘ adalah perkiraan arah IHSG jika target harga yang diperkirakan oleh para bullish analis tersebut pada setiap saham yang diprediksinya, benar-benar tercapai.  Disisi lain, ‘target IHSG menurut bearish analis’ adalah perkiraan arah IHSG jika target harga yang diperkirakan oleh para bearish analis tersebut pada setiap saham yang diprediksinya, benar-benar tercapai’.

Hasilnya bisa kita lihat pada tabel berikut ini:

So.. dari tabel diatas dapat dilihat bahwa:

  • Jika target harga dari analis bullish tercapai, IHSG bisa naik hingga level 2811, atau potensi kenaikan (hanya) sebesar 11.60% dari posisi IHSG penutupan Jumat lalu di level 2511.
  • Disisi lain, jika seluruh target harga dari analis bearish tercapai, IHSG bisa turun hingga level 2268, atau potensi penurunan sebesar 9.97% dari posisi penutupan IHSG pada hari Jumat lalu di level 2511.

Sekarang pertanyaannya.. Lantas.. apa pengaruh dari angka-angka ini bagi kita.. terutama bagi saya seorang trader yang jelas-jelas memprokamirkan diri sebagai trader teknikal?

Nantikan jawabannya pada tulisan saya berikutnya…

Happy trading.. semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah aturan pakai pada halaman disclaimer.  Jika batuk berlanjut, hubungi dokter. Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.