Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

15.45*

89

Selamat sore…

Tidak ada awan tidak ada angin.. tidak ada berita negatif yang bisa mengguncangkan pasar.  Regional juga adem-ayem.  Akan tetapi IHSG turun hampir 100 poin? Hm… kalau ini yang terjadi, saya cuman ingat satu statistik sederhana: kalau IHSG turun diatas 100 poin, dari sekitar 8 kejadian, hanya 1 kejadian dimana hari berikutnya IHSG masih terkoreksi dalam.

Posisi terakhir dari IHSG memang tidak terlalu bagus.  Tembus suport dari bearish raising wedge di 2465, IHSG memang memiliki potensi penurunan hingga ke kisaran 2300 – 2325, atau setidaknya testing low, 2375.  Akan tetapi, kondisi dimana IHSG bergerak turun sendiri seperti ini, meninggalkan bursa regional lainnya, buat saya lebih cenderung sebagai tempat yang menarik untuk melakukan posisi beli.  Bukan untuk posisi jual, apalagi untuk posisi cut loss.

Sore ini, saya menunggu, melihat situasi.  Jika IHSG turun diatas 100 poin, saya mau belanja.  Saya mau cari saham blue chip yang sudah turun lebih dari 5%.  Menu utama saya tetap: INTP, ASII, plus satu atau dua saham komoditas (terutama PTBA,UNTR atau AALI).  Banks? Nanti dulu.. sepertinya angka inflasi Desember agak jelek.

Oh iya.. jangan heran kalau CheatSheet nanti malam, potensi penurunan dari saham-saham terlihat agak ‘seram-seram’.

Happy trading.. semgoa untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.