Apakah tekanan jual berakhir?*

62

Selamat pagi…

Regional Asia bergerak positif.  Mendukung pergerakan dari indeks Dow Jones.  Pertanyaanna sekarang tinggal satu: Apakah tekanan jual yang terjadi kemarin lantas terhenti?  Jika tekanan jual tersebut terhenti, bisa jadi sinyalemen saya bahwa tekanan jual yang terjadi merupakan kelakuan dari para ‘Pendukung BBTN’, adalah benar.  Indikasinya: tekanan jual di TLKM hanya sampai retracement 50% di 9500 dan kemudian rebound.

Disisi lain, jika tekanan jual tersebut tidak berhenti, berarti yang terjadi adalah para trader tengah melakukan positioning menjelang bulan Januari.  Sebagai informasi, terutama bagi anda yang mengharapkan Januari Effect, pergerakan IHSG selama sebulan penuh untuk bulan Januari adalah turun untuk 3 tahun terakhir.  Jadi, kalau Januari 2010 nanti koreksi lagi… ya.. itu bukan barang baru.

So… seperti saya bilang kemarin, IHSG hari ini sepertinya masih akan mixed.  On its best, IHSG akan bergerak naik menguji resisten di 2465. Di sisi lain, jika IHSG bergerak turun, berati IHSG langsung menuju pada target bearish raising wedge di kisaran 2300 – 2350.

Rekomendasi? Positioning? Saya sih cenderung SellOnStrength hari ini.  Lihat di CheatSheet edisi tadi malam deh.  Sudah terlihat jelas disitu.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.