Resisten testing? Atau signal palsu lagi?*

54

Selamat pagi…

Indeks Dow Jones masih naik.  Tipis sebenarnya kenaikan DJI, sudah gitu posisi penutupannya masih dibawah resisten 10640-10650 yang sudah bertahan selama seminggu penuh.  Akan tetapi, regional Asia (terutama Nikkei dan STI) terlihat bersemangat sekali pagi hari ini.

  • Satu hal yang melegakan: ASII pada Jumat lalu tidak jadi ditutup dibawah suport 34000.  Artinya, dengan berkurangnya potensi penurunan pada ASII, peluang pergerakan naik pada UNTR dan AALI sepertinya masih terjaga.
  • Variable utama hari ini tetap pada harga komoditas.  Suhu dingin yang terjadi di berbagai belahan dunia, telah membuat harga minyak dan batubara meroket.  Berdasarkan pengalaman yang lalu, kondisi ini baru bisa berakhir ketika musim dingin sudah mencapai puncaknya, dan harga minyak kemudian mengalami reversal.  Tapi… apakah saat itu sudah terjadi? yang jelas.. suport dari harga minyak Nymex ada di level US$81.7 per barrel.  Jika harga minyak turun dibawah level itu, maka akan menjadi signal yang bagus untuk berakhirnya pesta komoditas ini.
  • Level 2622 adalah rekor tertinggi IHSG di bulan Januari ini.  Di bulan November dan Desember lalu, ketika terjadi trend naik yang kuat, kemudian berubah menjadi flat, selalu diikuti dengan tarikan naik dulu, sebelum akhirnya koreksi.  Untuk bulan ini, trend naik – tertinggi 2622 – signal bearish – dilawan oleh signal bullish.  So.. bagi anda yang berharap bullish, sepertinya harus melihat apakah resisten di 2622 ini mampu ditembus.  Jika tembus, maka potensi kenaikan IHSG masih ada hingga resisten di kisaran 2650 – 2700.
  • Suport IHSG ada di kisaran 2570 – 2600.  Selama suport ini masih bertahan, trend IHSG belum berubah jadi turun.  Saya hanya exit market, jika suport ini ditembus.

Sementara itu dulu..

Happy trading.. semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Sekedar mengingatkan…

You might also like More from author

2 Comments

  1. Adi Susanto says

    Kalau saya perhatikan dari pergerakan pasar saat ini, trading plan yang bapak buat 75% tepat…
    Pak Satrio emang analis teknikal yag hebat…. hehheh….
    Salam kenal pak….

    1. Perencana Trading says

      terima kasih pak.. semoga anda tetap menjadi penggemar setia weblog ini… 😀

Leave A Reply

Your email address will not be published.