Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Eh…*

88

Selamat pagi…

Terus terang.. saya kaget juga waktu liat chart pergerakan harga pada hari Minggu malam.  Karena saya tidak melihat closing market pada Jumat sore, saya baru tahu bahwa banyak sekali saham-saham yang ditutup dekat level harga tertinggi atau dengan koreksi tipis.  Kondisi ini memperlihatkan satu hal: banyak pelaku pasar yang masih bullish atau setidaknya masih ingin IHSG terus bergerak naik.  Lucu…..

Lucu karena: Siapapun juga saya, saya tetap terlalu kecil untuk mempengaruhi pasar.  Siapapun juga anda.. saya rasa juga tetap saja begitu.   Sebesar apapun kita, (selama kita tetap fokus pada saham-saham yang penggeraknya adalah pasar murni) kita tetap saja hanya bisa menjadi trend follower. Dont fight the trend.  Trend is your friend.  Kalaupun saya disini mencoba untuk memprediksi, itu karena saya berusaha melihat apa yang menjadi ‘probabilitas tertinggi’ untuk terjadi di masa yang akan datang.  Tidak ada sama sekali keinginan dari saya untuk menjadi lebih pintar dari market.  Melawan market…. tidak…

Saya hanya pengikut dari pasar.

Akan tetapi… karena saya percaya bahwa orang yang membeli pada retracement 50% memiliki probabilitas tertinggi untuk memperoleh keuntungan, maka hari ini saya akan mulai belanja.  Saya lihat saham dengan volatilitas tinggi (baca: yang sudah turun banyak), saya akan coba antri pada posisi retracement 50% hingga retracement 61.8%, seperti apa yang sudah saya rencanakan dalam cheatsheet saya yang terakhir (misal: UNTR, INTP, BUMI). Ok lah… untuk beberapa saham yang terlihat mengalami penembusan dari price pattern suport (seperti ASII, BBCA), saya akan menunggu di sekitar target dari price pattern.  Oh iya.. target saya tidak muluk-muluk.  Jika harga benar-benar rebound, saya hanya akan exit ketika harga sudah mencapai retracement 50%-nya.

Akan tetapi (lagi)… tidak ada jaminan bahwa beli di posisi tersebut akan memperoleh keuntungan.  ‘Most probable’ saya bilang.. bukan ‘pasti untung’.  So.. saya tetap saja akan cut loss, jika saya melihat harga masih memiliki peluang penurunan yang cukup signifikan.  Ini karena saya berpegang pada basic strategi: JUAL KETIKA AKAN TURUN.

So.. hari ini…  saya akan mencoba ‘Catching the falling knives’.  Jika anda mau coba-coba ikutan menebar jaring… tolong anda catat dulu bahwa:

Perencana Trading tidak 100% benar.  Perencana Trading bisa saja salah dan terus cut loss… hehehe

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

2 Comments
  1. indi says

    pak,apa saya udah termasuk penggemar anda?user name saya; *******

    1. Perencana Trading says

      sudah ya pak… thanks

Leave A Reply

Your email address will not be published.