Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Retest Lows…*

87

Selamat pagi…

Dow Jones memang terkoreksi.  Akan tetapi, mengingat posisi penutupannya masih diatas level psikologis 10.000, Indeks bursa Asia hanya bergerak flat turun pagi ini.  Hangseng masih rattle (bergerak zig-zag) di sekitar level psikologis 20000.

Satu hal yang agak membuat saya waspada adalah: closing IHSG di hari Jumat berada di wilayah tinggi.  Apakah market pagi ini akan ‘normalisasi’ (sedikit terkoreksi) untuk mengembalikan tarikan market di Jumat sore? (terutama dengan posisi harga batubara Newcastle yang mengalami penurunan). Ataukah IHSG akan bergerak menuju level 2630 (retracement 50%) yang belum sempat dicapai? Yang jelas.. kisaran IHSG akan berada pada kisaran 2550 – 2630.  Arah IHSG jangka pendek, bisa jadi flat.  Arah IHSG jangka menengah, akan ditentukan oleh penembusan suport atau resisten tersebut.  Penembusan atas suport di 2550 akan membuka potensi penurunan menuju kisaran 2450 – 2500 (targetnya agak naik gara-gara kenaikan IHSG kemarin).

Dari posisi saham saham yang sempat saya ‘intip’ dalam cheatsheet edisi semalam, beberapa saham (BUMI, BDMN) terlihat berada di suport levelnya.  AALI dan ITMG terlihat masih cenderung turun.  Dan kondisi ASII yang tengah berada di resisten, juga sulit memberikan pertolongan.

So.. kalaupun IHSG naik, saya akan jualan.  Tapi kalau IHSG turun, saya mau lihat suport IHSG di 2550 – 2560 deh.. kalau tembus.. mendingan saya full cash lagi.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.