Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Belum ada signal bearish dari regional…*

77

Selamat pagi…

Regional Asia terlihat hanya bergerak flat pagi hari ini menyusul posisi DJI yang hanya turun tipis.  Satu variable yang bisa memberikan sentimen positif hanyalah harga minyak Nymex yang naik.  Tapi, karena posisi terakhirnya masih di kisaran resisten US$80 – US$82, saya juga tidak mau terlalu positif.

Jadi.. hari ini sepertinya adalah jawaban dari bagaimana reaksi pasar terhadap hasil dari pansus Century.  Kalau regional naik.. sebenarnya dalam posisi partai koalisi penguasa kalah voting.. gpp.. tapi posisinya kan tidak seperti itu.

Akan tetapi, saya tidak mau terlalu fokus diluar faktor market.  Saya lebih kepingin fokus pada pertanyaan: apakah bursa regional masih bisa mempertahankan trend naiknya, atau malah reversal, atau apakah IHSG akan menembus suport atau resisten dari kisaran flat 2525 – 2585…

Dilihat dari posisi terakhir kemarin siy.. BUMI terlihat masih stuck (nyangkut) pada kisaran gap 2325 – 2375.  ASII, ITMG, dan UNTR terlihat memperlihatkan signal bearish.  Jadi.. kalau trend naik IHSG kali ini akan termakzul.. ya kita lihat saja.  Satu hal yang perlu diingat: Jika IHSG menembus suport 2525/2535, maka next movement adalah testing atas level psikologis di 2500.  Sebaliknya, jika resisten 2585 yang ditembus, berarti IHSG akan testing kisaran resisten 2600 – 2625.

Sementara itu dulu…

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.