Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Bener mau bullish niy?*

73

Selamat pagi…

Terus terang… penembusan resisten dari indeks Dow Jones Industrial (DJI) di 10500.. benar benar membuat saya menjadi terkejut.  Ini diluar perkiraan saya.  Penembusan atas resisten ini berarti DJI membuka peluang untuk testing high di 10763.. atau bahkan re-opening possibility atas target dari H&S lama di 11000 – 11500.

Pertanyaanya sekarang: apakah sudah saatnya saya berubah menjadi bullish?

Yang jelas siy.. IHSG belakangan dalam pola flat (atau bisa triangle) dengan jarak terlebar sekitar 60 poin (2525 – 2585).  Ini artinya, jika resisten di 2585 ditembus, IHSG memiliki potensi kenaikan sekitar 60 poin juga (2625 – 2650).  Artinya… jika resisten 2585 ditembus, berarti strateginya akan berubah.. dari buy low sell high (ketika market flat) menjadi buy high and sell higher (ketika trend naik atau market break out).  Jadi… 2585 adalah resisten utama untuk hari ini.. dan saya (kemungkinan besar) akan berubah menjadi bullish jika IHSG berhasil ditutup diatas 2585.

Pertanyaan berikutnya: Kalau bullish, saham apa yang harus kita serbu (beli)?

Konsolidasi yang terjadi dalam dua minggu (atau bahkan sudah sejak Januari lalu) membuat banyak sekali saham membentuk pola kisaran flat (flat range), seperti diantaranya INCO dan BUMI, atau symmetrical triangle, seperti misalnya BBCA. Saham-saham ini, jika mampu menembus resistennya akan memiliki potensi keuntungan yang cukup signifikan.  Jika mampu menembus resisten di 4000 – 4025, INCO memiliki potensi kenaikan ke 4700 – 5000, BUMI, jika mampu menembus resisten di 2425 maka akan memiliki potensi kenaikan hingga 2700 – 2900. Symmetrical triangle di BBCA dengan target di kisaran 5500 – 6300.

Apakah kita harus menyerbu semenjak menit pertama?

Kalau anda.. terserah deh.. saya sih tidak mau terlalu agresif ngambil di offer ketika harga berlompatan di awal perdagangan.  Saya hanya akan positioning jika saya yakin bahwa resisten sudah tembus. Lagian, harga batubara di newcastle terlihat masih turun.  Semoga saja ini masih membuat saya bisa melakukan positioning di harga bid.

Resikonya apa?

Tetap saja.. kalau ternyata suport di 2554 yang ditembus… saya akan balik badan dan melakukan cut loss.

Terakhir: Saham yang biasanya (ASII, UNTR, ITMG, dan INTP).. bagaimana?

Saham-saham tersebut, karena memiliki korelasi positif dengan IHSG.. maka kemungkinan besar tetap saja akan melakukan testing high. Targetnya? kita bahas nanti ye…

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.