Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Ketika panjang trend sudah 423.6% dari trend sebelumnya…*

111

Selamat pagi…

Ketika menganalisis pergerakan harga,  kita cuman boleh memperkirakan dimana trend akan berakhir dengan menyebutkan resisten levelnya.  Kapankah trend tersebut berakhir?  Kalau trend tersebut berakhir (terdapat trend reversal).. ya trend tersebut berakhir.  Akan tetapi, selama trend tersebut belum berakhir, seorang trader tidak boleh bilang bahwa trend itu berakhir.

Jika anda rajin mengikuti weblog ini, maka anda melihat bahwa arah IHSG untuk jangka pendek saya ada di 2750 – 2825.  Artinya, IHSG tidak memiliki rekor baru.  Akan tetapi, belakangan, karena saya masih melihat bahwa saham-saham bank masih terlihat memberikan potensi kenaikan yang cukup, saya sedikit menaikkan target saya.. yah.. IHSG masih bisa memiliki rekor harga baru.  Tapi tetap saja kita tidak langsung mencapai level 3000.  Tidak dalam trend naik kali ini.

Mengapa saya begitu yakin? Well… saya selalu berhati-hati.  Saya sangat hati-hati, terutama jika pergerakan suatu trend sudah mencapai 423.6% dari panjang trend sebelumnya.

Pada gambar di atas, yang dibuat dengan menggunakan Fibonacci Price Projection yang ada di Metastock, kita dapat melihat bahwa trend naik yang berlangsung saat ini (trend Maret 2009), panjangnya sudah 423.8% jika diukur dari panjang trend yang berawal di November 2008.

So… mengulang apa yang saya sampaikan tadi pagi:

IHSG masih berada dalam terend naik. IHSG masih bisa naik hingga kisaran 2850 – 2860.  IHSG masih memiliki peluang untuk mencapai rekor baru.  Akan tetapi, jika terdapat signal bearish (untuk hari ini, jika IHSG ditutup dibawah 2790) saya mau exit pasar.  Bersih barang.  Karena.. jika muncul signal bearish, signal bearish ini bisa jadi adalah signal bearish jangka menengah.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

1 Comment
  1. […] jika anda membaca report saya tadi pagi.. saya memang lagi hati-hati karena saat ini, IHSG berada di tempat yang ‘ideal’ untuk […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.