Jangan terburu nafsu…*

12

Selamat pagi…

DJI masih naik lagi.  Tidak banyak siy… posisi penutupannya juga masih dibawah level psikologis 11.000.  Meskipun demikian, kenaikan ini terlihat direspon positif oleh pelaku pasar di Bursa Tokyo (Nikkei sudah naik diatas 1%). STI terlihat flat naik (STI memang sepertinya bakal bermasalah dengan resisten di level psikologis 3000), dan Korea masih bergerak turun.

Apakah posisi DJI yang ditutup di rekor tertinggi sejak Oktober 2008 ini adalah signal positif?

Hm.. saya sih tetap meresponnya dengan berhati-hati.  Pada IHSG memang sudah mulai nampak pembentukan trend turun jangka pendek yang baru.  Trend turun ini baru berakhir, jika IHSG berhasil ditutup diatas kisaran resisten 2870 – 2875.  Artinya, saya baru kembali bullish (menambah posisi, kembali melakukan posisi beli simpan), jika IHSG berhasil mengakhiri trend turunnya.  Jika tidak, kenaikan yang terjadi hari ini, hanya merupakan kesempatan untuk melakukan posisi trading, atau posisi take profit atas saham yang sudah saya ambil kemarin.

Saham apa yang saya perhatikan?

Yang jelas, saham yang hingga Jumat kemarin masih berada trend turun akibat besarnya tekanan jual (ASII, UNTR, BMRI, BBRI), tetap menjadi sentral perhatian saya.  Untuk anda yang sudah positioning pada saham-saham lain yang sudah rebound duluan (seperti PTBA, INCO, ANTM), perhatikan retracement 50%-nya (atau bisa juga titik tertinggi di dua minggu terakhir).  Penambahan posisi sebaiknya hanya dilakukan jika harga bisa menembus resisten.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.