15.45*

53

Selamat sore…

IHSG akhirnya membuka peluang untuk ditutup diatas level 2960.  Seperti kita ketahui bersama, level tersebut adalah batas bawah untuk kisaran target jangka pendek saya.  So.. apakah IHSG akan terus bergerak naik menuju batas atas dari kisaran target di 3070, mari kita lihat bersama-sama.  Yang perlu diingat adalah: jika terjadi reversal, maka reversalnya adalah reversal jangka menengah. Saya juga akan balik badan terus kabur.. hehehe.

Akan tetapi, karena IHSG masih akan di tutup direkor harga, saya tetap mempertahankan posisi saya.  Saya malah menambah posisi di saham-saham batubara yang hari ini tengah turun.  Kondisi harganya sih.. sebenarnya tidak terlalu menggembirakan karena posisi penutupannya masih akan ditutup dengan signal bearish.  Saya hanya berharap akan adanya sentimen positif dari harga batubara newcastle yang diumumkan besok. Siapa tahu berita positifnya masih bisa merembes hingga minggu depan.

Yang menarik sebenarnya untuk dilakukan posisi spekulatif adalah saham-saham sektor terkait suku bunga (perbankan+otomotif) terkait dengan angka inflasi di bulan April yang akan diumumkan Senin.  Meskipun demikian, posisinya sebaiknya hanya posisi nambah karena resistennya sudah tidak jauh lagi (BBRI di 9300, BMRI di 5900, dan BBCA di 5700).

Sementara itu dulu…

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

6 Comments

  1. sugi82 says

    Pak nanya dikit ya, UNTR hari ini break support triangle bawah yg kira2 ada di 19400-19500 apalagi tadi pagi udah sampai di 19050.

    sesuai trading plan saya melakukan cut loss di UNTR, tapi pada saat sore hari UNTR di tutup di 19500 which is level support dan candlenya berbentuk DOJI.

    pertanyaan saya adalah, jika mengalami situasi seperti hari ini, cut loss kita dilakukan di sore hari, sambil menunggu apakah harga akan berbalik atau tetap di laksanakan saat harga menembus level support tersebut.

    terima kasih sebelomnya

    sugi

    1. Perencana Trading says

      triangle di UNTR? nggak kelihatan tuh pak (at least saya nggak bisa ngelihat adanya triangle itu.. hehehe.. mungkin anda bisa kirim gambar triangle itu ke email saya: analisteknikal@gmail.com).. saya hari ini ambil UNTR cuman gara-gara Ret 50%-nya kena..

      1. Perencana Trading says

        Oh.. triangle yang itu.. kelihatan sudah pak..

        Begini.. Saya memang ambil posisi karena adanya retracement 50%. Triangle saya lihat. Tapi posisi closing kali ini, diatas gap 19250 – 19300. Jadi.. posisi closingnya diatas suport kuat. Kita lihat Senin deh pak.. yang jelas.. stoploss saya adalah ketika harga ditutup dibawah 19250 – 19300 (gap).

        Wassalam
        PT

  2. Tomy says

    Pak,

    Boleh comment tentang saham batu bara yang bapak ambil hari ini ? apakah PTBA ? namun informasi lap Q1 2010 mengecewakan dan itu yang mungkin menjadi hal yang melemahkan saham ini di tengah kenaikkan saham2 yang lain.

    1. Perencana Trading says

      begini pak… untuk PTBA.. saya sebenarnya hanya ‘menunda cut loss’. Seharusnya, harga saham ini saya cut loss ketika suport pertama di 18900 ditembus (saya baru ambil kemarin di 18950). Akan tetapi, cut loss tersebut saya tunda dengan alasan: pertama: harga sudah terlalu dekat dengan retracement 50% di 18350. Jika ternyata besok saya harus exit, saya akan exit di kisaran 18700 – 18800 (ret 50% jika harga rebound ke atas). Alasan kedua: karena harga minyak terlihat kuat diatas US$85 per barrel, sehingga terlihat potensi melanjutkan upside ke US$90. Dengan potensi kenaikan seperti itu, masa sih harga batubara bakalan jelek? Mengenai laporang keuangan.. hehehe.. saya sudah lama meninggalkan informasi fundamental. Informasi itu irrelevan buat pengambilan keputusan saya.

      Semoga bisa membantu.
      PT

      1. Perencana Trading says

        hehehe.. tapi akhirnya saya cut loss juga. Untung masih bisa cut di harga atas.. 😀

Leave A Reply

Your email address will not be published.