Piala Dunia = Pasar Sepi*

17

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya anda tahu, terkait dengan event Piala Dunia 2010 yang saat ini tengah berlangsung dan bagaimana hubungannya terhadap perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia:

  • Sebuah event sepak bola seperti Piala Dunia 2010 yang tengah berlangsung di Afrika Selatan ini, identik dengan penurunan volume transaksi yang signifikan selama event piala dunia ini berlangsung.
  • Transaksi akan berlangsung sepi, setidaknya selama babak penyisihan grup.  Transaksi akan semakin meningkat, terutama setelah babak semi final berlangsung, seiring dengan bergugurannya tim-tim yang dijagokan oleh para pelaku pasar.
  • Apakah IHSG akan bergerak naik atau turun, sepertinya probabilitasnya relatif sama.

Dengan posisi IHSG dan bursa regional lainnya yang saat ini tengah berada dipersimpangan, sepertinya tidak banyak yang bisa kita lakukan.  Posisi DJI memang sudah mulai memberikan signal positif (meski tetap saja, harus menunggu penembusan resisten di 10300).  Akan tetapi, apakah kita harus ‘full position’ karena marketnya masih akan bergerak naik seperti pada ulasan yang saya tulis kemarin?  Saya sih… tetap dalam kondisi caution. Posisi tetap ada.  Tapi dalam volume pasar yang tipis seperti ini, semuanya bisa terjadi.  Jadi.. jika tiba-tiba Bull Signal pada indeks Dow Jones Industrial (DJI) dan IHSG ternyata palsu, saya siap berbalik.  Terutama karena skenario Long Term Bullish pada IHSG baru terlihat jika IHSG bisa menembus resisten di 2869.

So… Sudahkah anda bersiap untuk melihat Belanda menjadi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya? Well.. setidaknya, saya sih yakin bahwa salah satu dari empat tim diatas akan menjadi juara pada Piala Dunia kali ini.

Happy trading… semoga untung!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

2 Comments

  1. Paul the Octopus: A Devil’s Advocate « Rencana Trading

    […] hal prediksi memprediksi… saya merasa beruntung.  Mengapa?  Mungkin anda masih ingat… ulasan yang saya buat pada awal piala dunia lalu.  Disitu saya memilih empat buah tim yang kemungkinan akan menjadi juara dari Piala Dunia kali […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.