Mampukah sentimen regional menggerakkan saham-saham ‘gerbong kedua’?*

24

Selamat pagi..

Pertanyan diatas adalah pertanyaan utama kita untuk pagi ini.  Dari pantauan saya atas indeks regional, DJI masih berada dalam trend naik.  Potensi kenaikannya masih cukup tinggi.  Jika DJI mampu menembus resisten di 10450 – 10500, berarti DJI memiliki potensi kenaikan hingga 11500 – 11700.  Disisi lain, HSI sudah menembus resisten dari triangle, demikian juga Shanghai terlihat masih memiliki potensi kenaikan sekitar 5% – 7%.

Masalahnya adalah: Jika kita lihat kenaikan IHSG yang terjadi sebulan (atau setidaknya dua minggu terakhir), kenaikan yang terjadi terlihat mulai timpang.  Saham yang bergerak hanya saham yang termasuk dalam gerbong pertama: ASII, BBRI, BMRI, GGRM, INTP, dan UNTR. Saham-saham yang lain terlihat masih cenderung diam, atau malah terkoreksi (seperti UNVR dan PTBA).  Nah sekarang… mampukah potensi kenaikan pada bursa regional bisa mulai menggerakkan saham-saham ‘gerbong kedua’?  Indikasinya sebenarnya sudah mulai terlihat dari minggu yang lalu.  Pergerakan AALI dan LSIP (saham-saham sektor CPO), INCO, serta saham-saham bank kapitalisasi menengah, terlihat mulai membuat market sedikit bersemangat.  Tapi itu kan baru sebagian kecil…  masih banyak saham-saham gerbong kedua yang lainnya.  Apakah saham-saham tersebut akan bergerak?

Kalau dilihat dari posisi terakhir minggu yang lalu, setidaknya potensi kenaikan sudah mulai ditunjukan oleh SMGR, TLKM, dan PGAS.  Saya juga sudah mulai curiga bahwa saham-sahan terkait infrastruktur (seperti JSMR dan saham-saham sektor konstruksi) akan mampu menembus resistennya dalam waktu dekat.  Tapi.. apakah itu yang akan terjadi? hmm.. kita lihat deh.

Selama orang masih mau beli, harga akan bergerak naik.  Itulah yang terjadi pada saham-saham yang ada di bursa kita.  Tapi.. rasa-rasanya.. tetap saja tidak adil jika kenaikan hanya pada saham-saham tertentu yang sengaja diangkat untuk menjaga IHSG.  Semoga saja, trend naik yang mulai muncul di bursa regional bisa mengubah keadaan.

Terakhir.. suport IHSG hari ini ada di 3020.  Jika suport ini gagal bertahan, berarti trend naik IHSG berakhir.  Resisten pertama ada di 3050 – 3075, dan resisten kedua ada di kisaran 3150 – 3200.

Happy trading… Semoga untung!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual berdasarkan ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.