Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

List of Battlefield edisi September 2010*

0 319

Saya hanya mau trading pada saham-saham yang penggeraknya pada ‘pasar murni’.  Jika anda sudah membaca buku yang saya tulis, maka anda bisa melihat bahwa saya mengartikan ‘pasar murni’ sebagai ‘saham yang dianalisis oleh 15 orang analis atau lebih.  Akan tetapi, pada intinya saham-saham yang setidaknya dianalisis oleh 5 orang analis fundamental, sebenarnya pergerakannya juga sudah mulai ‘murni pasar’, meski tetap saja kita harus berhati-hati.

Berikut adalah saham-saham yang dianalisis setidaknya oleh 5 orang analis fundamental:

Berdasarkan List of Battlefield tersebut, saya kemudian menyusun saham-saham yang akan saya amati setiap harinya pada halaman CheatSheet.

Dalam CheatSheet ini, saya hanya akan mengamati 25 saham yang diamati oleh sekurang-kurangnya 15 analis fundamental atau lebih.  Tapi, ada pengecualiannya juga sih, GGRM kali ini saya masukkan, karena meski saham ini hanya diamati oleh 9 orang analis (lihat tabel diatas), tapi besarnya pengaruh saham ini terhadap pergerakan IHSG membuat mau tidak mau saya harus mengamati arah pergerakan harga saham ini.  Ke 25 saham yang nantinya akan saya amati adalah (urutan berdasarkan abjad):

AALI, ADRO, ANTM, ASII, BBCA, BBNI, BBRI, BDMN, BMRI, BUMI, GGRM, INCO, INDF, INTP, ISAT, ITMG, JSMR, LSIP,  PGAS, PTBA, SGRO, SMGR, TLKM, UNTR, UNVR.

Dibandingkan dengan sebelumnya, perubahannya adalah sebagai berikut:

Masuk:    GGRM, JSMR

Keluar:    ELTY, SMCB

Sebagai informasi, CheatSheet untuk edisi hari ini, baru bisa anda nikmati nanti malam.

Sementara itu dulu….

Happy trading… semoga untung!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual berdasarkan ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.