Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Bener niy masih mau naik?*

0 223

(Maaf… tadi rupanya saya belum sempat mencet tombol ‘Publish’… maaf…)

Selamat pagi…

Kemarin sore saya positioning… hari ini cuman bisa pasrah.  Dengan posisi pembukaan yang turun, dan harga penutupan di harga tertinggi, IHSG signalnya positif.  Tapi karena penutupan masih tipis dibawah level 3729 yang tercapai di hari Senin, sepertinya kita masih harus menunggu penembusan atas resisten itu dulu, baru kita yakin bahwa IHSG akan terus bergerak naik menuju kisaran 3750-3789 (menguji kisaran rekor harga).

Setidaknya, IHSG mendapat bantuan sentimen bullish dari bursa regional setelah semalam, Index Dow Jones Industrial (DJI) mencetak posisi penutupan tertinggi ditahun ini, setelah ditutup diatas level tertinggi di bulan Februari (12,417).  Ini sebenarnya sudah cukup bagus tapi belum cukup meyakinkan. karena kalau mau yakin trend naik masih berlanjut, DJI harus ditutup diatas 12,475 – 12,500.  At least , kenaikan tersebut membuat indeks  dari bursa-bursa dikawasan asia kembali menguat dipagi hari ini.

IHSG hari ini sepertinya bakal bergerak flat naik di kisaran 3700 – 3750.  Trend masih flat atau naik.  Penembusan atas resisten pertama di 3729 akan membuka potensi kenaikan hingga kisaran resisten 3750 – 3789.  Disisi lain, Penutupan dibawah 3700 akan memberikan signal bearish (setidaknya trendnya adalah flat 3670-3730).

Jadi trader itu harus realistis.  Ketika trend jangka pendek kembali bergerak naik, ya kita harus punya posisi lagi.  Ketidak jelasan mengenai kapan pengumuman BI Rate, sebenarnya bisa memberikan signal bearish.  Tapi gimana lagi.. market masih cenderung bullish, ya kita tinggal ngikut.  Market hari ini sih masih bakal rame, blue chipnya rame, gorengan (terutama) juga rame.  Tapi kalau IHSG ditutup dibawah 3700, berarti saya harus berhati-hati (setidaknya mengamankan posisi profit).

Happy trading… semoga untung!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual berdasarkan ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.