Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Odd lot Right UNTR: Rp 5000 dikasi enggak gan?

0 413

Selamat pagi…

“Tom… ngapain lu ngumpulin odd lot right UNTR?  Kurang kerjaan? Bukannya itu cuman duit kecil?  Ngapain elu ngurusin duit kecil…”

Well… untuk sebagian orang, odd lot UNTR memang nilainya kecil.  Tapi ternyata, biar nilainya kecil, kok tetap saja sulit untuk dicari.  Pencarian odd lot UNTR ini memang seperti ‘mission impossible‘ bagi saya.  Dengan adanya dana dari sponsor, saya sebenarnya sudah siap untuk menebus sekitar 100 – 200 lot right UNTR.  Realitasnya memang: ternyata odd lot right UNTR ini ternyata tidak mudah untuk didapat.  Lagian masih banyak permasalahan lainnya:

  • Jangka waktu penawarannya pendek
Kalau dilihat dari jadwal perdagangan right issue UNTR, sepertinya waktunya memang masih panjang, hingga tanggal 30 Mei 2011, hari Senin minggu depan.  Akan tetapi, karena adanya proses administrasi yang harus dilakukan, saya kemarin sempat mendapat berita bahwa perdagangan hanya berlangsung hingga hari Rabu, 25 Mei 2011.  Saya tidak tahu apakah berita ini benar atau tidak, tapi saya harus mengantisipasi hal ini.
  • Harga penawaran saya terlalu rendah.

Untuk menghindari keribetan dalam proses ‘pindah saham beda nama, saya memang menggunakan proses jual beli.  Akan tetapi karena harganya terlalu rendah, banyak sekuritas yang keberatan karena akan memicu pertanyaan dari pihak PT.  Bursa Efek Indonesia.  Terkait dengan hal ini, kemarin sore saya sudah menghadap ke bapak Andre Toelle, Kepala Divisi Perdagangan PT Bursa Efek Indonesia.  Dari apa yang saya tangkap, beliau menyatakan bahwa dalam perdagangan pasar negosiasi, harganya memang terserah antara pembeli dan penjual.  Kalau nilainya besar, mungkin akan menjadi masalah.  Tapi karena dalam kasus odd lot ini nilainya kecil, sepertinya itu bukan merupakan permasalahan.

Masalah lain terkait dengan hal ini adalah, ya memang sebagian orang tidak tertarik untuk membantu.  Mereka ingin agar sahamnya dibeli dengan harga yang pantas.  Kalau mengenai masalah ini sih… saya juga nggak masalah.   Tapi sebelumnya, marilah kita melihat resiko yang saya harus hadapi:

Dari gambar diatas, kita bisa melihat bahwa jika terus bergerak turun, UNTR baru bertemu dengan suport kuat di level 21400 (ret 50%) hingga level 20850 (ret 61.8%).  Artinya, jika trend turun pada IHSG masih berlanjut, untuk posisi hold hingga akhir bulan, dalam kondisi terburuk UNTR bisa mencapai harga tersebut, yang mana… jika kita terjemahkan ke harga right, berarti dalam kondisi terburuknya, harga right UNTR nilainya bisa mencapai Rp 5800.  Plus… tentu saja… harga odd lot itu berbeda dengan harga satu lot penuh, karena masalah likuiditas dari odd lot tersebut.

Jadi… Bersama ini saya menawarkan kepada anda yang tidak mau melepas odd lot right UNTR anda dengan harga seikhlasnya (Rp 500), saya menawarkan untuk membeli odd lot right UNTR yang anda miliki dengan harga Rp 5000 (lima ribu Rupiah) perlembar saham.  Tentu saja… harga penawaran itu hanya berlaku hari ini.  Untuk besok (yang bisa jadi adalah hari terakhir perdagangan right UNTR), kemungkinan saya akan kembali menurunkan harga penawaran saya.  Kondisi market yang semakin beresiko membuat saya cenderung untuk menurunkan harga penawaran saya pada hari-hari mendatang.

So… saya sih tetap berharap anda mau men-shodaqoh-kan UNTR anda melalui saya melalui program Odd Lot for Shodaqoh yang saya utarakan kemarin, yaitu dengan menjual kepada saya di harga Rp 500 per lembar right.  Akan tetapi, jika anda ingin melepasnya dengan harga yang pantas, saya juga bersedia untuk membeli.

Anda bisa melakukan nego harga kepada saya di 08161377707 atau 021-70098756.

Happy trading… semoga untung!!!

Satrio Utomo

Leave A Reply

Your email address will not be published.