Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Hasil Survey Arah IHSG untuk 20 – 25 Juni 2011*

0 290

Selamat petang…

Salah satu fasilitas terbaru dari Facebook adalah ‘Ask Question’.  Dalam Ask Question ini, kita bisa melontarkan suatu pertanyaan kepada teman-teman kita atau orang-orang yang ada dalam suatu grup.  Pembaca tinggal memilih, mana jawaban yang menurutnya paling benar.  Kita tinggal melihat melihat menarik kesimpulan dari jawaban-jawaban yang telah dipilih oleh pembaca.

Dengan menggunakan fasilitas ini, saya kepingin bagaimana pendapat dari dari teman-teman trader, investor, broker, maupun analis mengenai arah IHSG di minggu ketiga di bulan Juni 2011 ini.  Survey ini saya lontarkan di Warung Saham Indonesia, salah satu grup yang beranggotakan sekitar 3000 orang yang terdapat di Facebook.  Hasilnya adalah sebagai berikut:

Dari jawaban dari 26 orang yang memberikan jawaban, kita bisa menarik kesimpulan sebagai berikut:

  • Sebagian besar pelaku pasar terlihat masih bullish.  Lebih dari 80% (21 orang dari 26 responden) memprediksikan IHSG  bahwa IHSG minggu ini bakal bergerak flat atau naik.  IHSG berakhir
  • Hanya 19.2% (5 orang dari total 26 resoponden) yang berpendapat bahwa minggu ini IHSG akan berakhir dibawah 3670.
  • Meskipun demikan, yang benar-benar bearish (yang berpendapat IHSG bakal ditutup dibawah 3500) hanya 1 orang (3.8%).
  • Disisi lain, tidak ada yang benar-benar bullish.  Tidak ada orang yang berani prediksi bahwa IHSG di akhir minggu ini bakal ditutup diatas 3900.
So… kemana arah IHSG hingga akhir minggu ini?  Apakah memang bakal bergerak flat naik seperti perkiraan sebagian besar responden ini?  Ataukah sebenarnya hasil survey ini adalah bukti bahwa saat ini banyak orang yang sedang ngarep naik karena nyangkut?  hehehe… Kita lihat deh.  Prediksi saya sih, IHSG hanya bakal bergerak flat dan ditutup di kisaran 3670 – 3800.
Realitasnya… kita lihat saja deh.
Happy trading… semoga untung!!!
Satrio Utomo

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.