Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Weekly Survey IHSG: Lebih cenderung ke flat dari pada naik

0 238

Selamat siang…

Hasil survei kami di group Warung Saham Indonesia minggu ini hasilnya tidak ‘terpusat pada dua kubu seperti biasanya’.  Secara umum, pelaku pasar memang terlihat masih bullish karena pilihan 56 dari 57 responden (98.2%) terpusat pada tiga pilihan: flat, flat-naik, atau naik.

  • Jumlah responden yang memilih naik ada sebanyak 8 orang (14.o%)
  • Jumlah responden yang memilih flat-naik ada 21 orang (36.8%)
  • Jumlah responden yang memilih flat ada 27 orang (47.4%)

Dari hasil diatas, dapat kita lihat bahwa pemilih terbesar berada pada mereka yang memprediksikan bahwa IHSG bergerak flat atau flat naik 84.2%.  Akan tetapi, kita bisa melihat juga bahwa jumlah peserta survei yang memprediksikan IHSG bakal bisa ditutup diatas level psikoligis 4000, terlihat cukup besar 50.8%.

Sebagian besar responden memprediksikan IHSG bakal bergerak flat atau flat naik.  Akan tetapi, jumlah responden memprediksikan yang IHSG bakal ditutup diatas level psikologis 4000 sudah lebih dari setengah populasi.

Manakah yang benar? Mari kita lihat bersama-sama hingga akhir minggu.  Prediksi saya sih… IHSG bakal ditutup dibawah level 4000.  Kisaran resisten di 3950 – 3980 sepertinya bakal menahan trend naik IHSG untuk jangka pendek.  Akan tetapi, saya juga ngerti kalau ternyata resisten ini mampu ditembus, IHSG bakal terus bergerak naik hingga kisaran 4050 – 4150.

Happy trading… semoga untung!!!

Satrio Utomo

Leave A Reply

Your email address will not be published.