15.45*

90

Selamat sore…

Indeks Hang Seng akhirnya ditutup dibawah suport 23300.  Signalnya bearish.

IHSG ? Sudah mulai menjelajah dibawah suport 4600.  Tapi.. sepertinya kalau cuman ditutup diatas 4600 sejauh ini masih mudah.

Masalahnya ada di aliran dana asing.  Hari ini asingnya ilang. Asing yang biasanya sehari belanja sekitar Rp 400M… Di pasar reguler, asing posisinya net sell Rp 31 miliar (jam 15:09).  Apakah ini berarti minat asing untuk beli sudah berakhir? Harus dilihat satu dua hari lagi deh… tapi… posisi hilangnya net buy asing ini, sebaiknya menjadikan kita waspada.

Yang menarik hanya di saham BUMI.  Harga saham ini terlihat kuat diatas resisten di level psikologis 1000.  Kalau tidak ada aral melintang… resisten berikutnya baru ada di 1150 – 1200.  Cerita BUMI dkk ini, sepertinya masih akan berlanjut hingga tanggal 21 Februari nanti.

Kalau melihat posisi hari ini… yang bisa disimpen sepertinya hanya Bakries… terutama BUMI.  Itupun spekulatif.  GGRM? bisa juga siy… kalau tembus resisten.  Tapi terserah anda deh….

So… saya sih sudah bersih-bersih semenjak kemarin sore.  Saya berharap DJI turun banyak…. sampai dibawah suport.. biar kedepan saya bisa belanja lagi… belanja bekal bagi IHSG 5000.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.