Half Time Report: Menantang Bursa Regional*

79

Selamat siang…

Aksi beli pemodal asing, telah membuat IHSG masih terus bergerak naik pada pagi hari ini. Meski sempat terkoreksi pada pergerakan pagi, aksi beli yang hingga siang hari ini sudah melewati angka Rp 400 miliar di pasar reguler, terlah membuat IHSG bergerak naik. IHSG sempat menikmati level tertinggi di 4656,128 sebelum akhirnya bergerak turun.

Koreksi 0,77 persen yang terjadi pada indeks Dow Jones adalah signal negatif pertama yang terjadi dalam dua minggu terakhir. Akan tetapi, karena dua signal negatif sebelumnya ternyata adalah signal palsu (signal negatif tapi sehari setelahnya indeks kembali bergerak naik), pemodal sepertinya masih berharap bahwa signal negatif kali ini adalah benar adanya. Padahal, kalau kita lihat dari posisi terakhir indeks Hang Seng, terlihat lumayan jelek. Indeks Hang Seng sudah berada dibawah level psikologis 23000. Artinya: indeks Hang Seng saat ini memiliki potensi koreksi setidaknya hingga 22.500.

Signal bearish yang muncul pada DJI semalam, sebaiknya kita sikapi dengan berhati-hati. Maklum, Berita yang menjadi penyebab koreksi DJI juga beda: The Fed bakal mengurangi atau bahkan menghentikan QE4 yang saat ini berlangsung. Apakah ini berarti limpahan likuiditas yang sekarang sedang berlangsung akan berkurang? Akankah dana asing yang masuk ke bursa kita akan terhenti?

Kondisi regional yang buruk diperkirakan akan membuat IHSG pada sesi kedua nanti, hanya akan bergerak flat pada kisaran 4610-4660. Penutupan dibawah 4610 akan menjadi signal negatif pada pergerakan lanjutan dari IHSG.

Hati Saya sih masih galau.. Masa sih market kita benar-benar kuat sehingga IHSG melaju ke 5000 tanpa koreksi? Hehehehe

Happy trading… Semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.